[Tadinya saya mau kirim email ini hanya ke Pak  Toto,
tapi setelah dipikir lagi, ada baiknya rekan-rekan lain
juga mengetahuinya.]

Salam,

Ternyata setelah berkomunikasi dengan pengelola website
bekasi.go.id, ada beberapa perkembangan (yg kurang menggembirakan).
- Ternyata yg meminta pengubahan webhosting ke plasa.com
   adalah rekan dari pengelola website bekasi.go.id selama ini
- Setelah saya menjelaskan duduk perkaranya, pengelola saat
   ini menyatakan ternyata tidak ingin melepaskan website
   bekasi.go.id dari pengelolaannya.
- Salah satu point yg saya ambil dari pernyataan mereka adalah
   "mereka lah yang lebih dulu mengelola bekasi.go.id, sehingga
    pihak yang belakanganlah yang harus berkoordinasi dengan
    mereka (jika ingin terlibat dalam pengelolaan website bekasi.go.id)
    bukan sebaliknya."
- Jika dalam waktu seminggu mereka belum mendapatkan kembali domain
   bekasi.go.id, maka mereka akan meminta kembali biaya hosting
   yg telah disetorkan.
   [FYI, mereka sudah bayar untuk dua tahun, dan baru memakai
   service kami 9 bulanan].

Oleh karena itu, setelah saya berfikir-fikir kembali, maka dengan ini
saya meminta kepada IDNIC, *untuk mengembalikan record DNS bekasi.go.id
ke record sebelumnya (yg menggunakan dns kami)*. Beberapa alasan:

- Pengubahan lokasi webhosting bekasi.go.id ini sudah mencampuri
   kegiatan internal pemda kabupaten bekasi, karena IDNIC dengan
   semena-mena, tanpa persetujuan pengelolanya, melakukan pemindahan
   properti pemda (domain bekasi.go.id kan milik pemda, bukan IDNIC).
- Sesuai dengan kapasitasnya sebagai pengelola domain, sebaiknya IDNIC
   tidak mencampuri urusan internal pemda. Pengelola sebelumnya merupakan
   pihak yang pertama yg meminta pemakaian bekasi.go.id, jadi merekalah
   yg berhak mengelola website dgn domain tsb. Jika ada
   pemindahan letak webhosting, sebaiknya IDNIC bertanya dulu ke pengelola
   selama ini. Ini sesuai dengan mekanisme selama ini.
   Tidak asal mengikuti kemauan unit kerja lain.
   [ini menimbulkan kesan, bahwa IDNIC lebih pro ke salah satu pihak.]
- Kami tidak ingin mengembalikan uang yg telah disetorkan karena kesalahan
   pihak lain. Jika itu karena kesalahan kami, dengan senang hati kami
kembalikan.
   Tapi, pemindahan ini karena kesalahan IDNIC.

Karena milis ini adalah forum, saya juga ingin meminta pendapat rekan-rekan
lain.
dengan menjawab pertanyaan berikut:

Jika Anda menjadi salah satu pengelola domain di IDNIC, apa yang
akan Anda lakukan:
- mengembalikan domain bekasi.go.id ke record sebelumnya dan
   meminta pemda bekasi untuk menyelesaikan masalahnya sebelum
   melakukan pemindahan domain
- tetap tidak mengembalikan domain dan meminta pemda bekasi
   untuk menggunakan record saat ini.
- membekukan domain tsb.

Terima Kasih.

= Muhamad Syukri =
PS:
Terus terang untuk pilihan 2 dan 3, kami sebagai pihak webhosting
harus menanggung kerugian atas kesalahan yang tidak kami lakukan.

---