Bapak  Muhamad Syukri, Yth:
Mohon dimaafkan jika sekiranya tidak berkenan.
Saya pikir ada permasalahan dalam soal domain name di
bawah ccTLDs .id. Pertama, tidak ada perjanjian antara
Bapak (sebagaimana juga semua pendaftar domain di
bawah ccTLDs .id) dengan pihak Idnic.  Yang ada
hanyalah persyaratan-persyaratan dan dengan
persyaratan itu pihak Idnic dapat berbuat segala hal
yang menurut pendapat mereka baik atau benar, termasuk
melakukan salah satu dari ketiga hal yang Bapak
memintakan tanggapan atas opsi yang Bapak tawarkan.
Salahkah Idnic? Mungkin ya  mungkin tidak.
Permasalahannya sebagaimana yang Bapak paparkan tidak
terlalu jelas.
Kedua, domain name dalam pandangan sebagian orang di
Indonesia bukanlah suatu property. Ada yang mengatakan
suatu amanat. Bagi kalangan ini akan terasa aneh jika
seperti Bapak mengatakan “domain bekasi.go.id kan
milik pemda, bukan IDNIC”.  Karena bukan property maka
pihak Idnic dapat berbuat apapun yang menurut pihak
Idnic baik, termasuk membekukan dan mengalihkan ke
pihak lain,  tanpa perlu menunggu hasil
kesepakatan/perundingan pihak-pihak yang
berkepentingan, tanpa perlu mendengar semua pihak yang
terkait, atau tanpa menunggu putusan dari Pengadilan.
Saya pikir ke depan perlu dibuatkan perjanjian
pendaftaran domain name. Suatu model, saya kira cukup
baik apa yang ditawarkan oleh WIPO mengenai Best
Practices  for ccTLDs, dapat dibaca disini:
http://ecommerce.wipo.int/domains/cctlds/bestpractices/bestpractices.html
atau
http://ecommerce.wipo.int/domains/cctlds/bestpractices/bestpractices.doc
Suatu ulasan yang ringkas mengenai hal tersebut,
pernah kami tulis tahun yang lalu, dapat dibaca di:
http://www.sinarharapan.co.id/berita/0112/06/ipt01.html
Ke depan juga adalah baik jika domain name dipandang
sebagai suatu property.

Sekali lagi mohon dimaafkan jika jawaban saya tidak
mengenai sasaran.

Best regards,

Paustinus Siburian
http://www.ipaust.com