Campur tangan Pemerintah

Pengelolaan ccTLDs di kebanyakan negara berada di bawah pemerintah negara
masing-masing atau dikelola oleh suatu badan otoritas yang didirikan oleh pemerintah
atau dikontrakkan oleh pemerintah kepada pihak swasta.
.ca berada di bawah CIRA yang didirikan pemerintah Kanada dan mengambil alih
pengelolaan dari the University of British Columbia.
.au dikelola oleh Australian Domain Name Authority
.us dikelola oleh Neustar, Inc di bawah kontrak dengan Departemen Perdagangan Amerika
Serikat.
.tv dikelola oleh Verisign, Inc di bawah kontrak dengan pemerintah Tuvalu.
.cn dikelola  di bawah kendali kementrian informasi.
Banyak contoh yang lain lagi. Semuanya berkembang dan responsif.

ccTLDs .id dikelola oleh IDNIC tetapi tidak di bawah kontrak dengan pemerintah.
Pemerintah malahan seolah-olah tidak tahu menahu dengan ccTLDs .id. Pemerintah
kelihatan  semata-mata hanya pengguna go.id belaka. Pemerintah sama sekali tidak
terlibat dalam memberikan sumbangsih pada IDNIC dan pengelolan domain secara global
(melalui GAC).

Sebagai silih atas tidak adanya campur tangan pemerintah, kepada pendaftar domain
diwajibkan untuk membayar PPN sebesar 10%. Saya agak kesulitan menemukan contoh lain
di negara mana VAT dikenakan untuk mendapatkan delegasi (pendaftaran) atas domain name.

Sebagaimana saya mengamati dari jarak jauh pihak IDNIC berusaha mengundang volunteers
dalam mengembangkan sesuatu yang bersifat teknis. Barangkali hal ini adalah karena
IDNIC kesulitan dalam melakukan pembiayaan terhadap sarana dan prasarana yang mestinya
ada di IDNIC. Saya kira itu memang sangat mahal. Biaya registrasi selama ini tampaknya
belum mencukupi untuk memodernkan sarana dan prasarana di IDNIC.

Sebagaimana saya mengamati dari jarak jauh banyak usulan dari komunitas Internet
terhadap IDNIC, sebagaimana diikuti dari mailing list yang disediakan IDNIC. Namun
sulit tampaknya bagi IDNIC untuk mengakomodasi usulan-usulan yang dimajukan oleh para
pemain. Dengan kata lain, IDNIC kelihatan kurang responsif terhadap usulan yang
dimajukan.

Juga mengenai kebijakan pendaftaran, penyelesaian sengketa, dan lain-lain isssu
kebijakan, IDNIC tampaknya tidak responsif. Sebagaimana saya mengamati dari jarak
jauh, banyak usulan yang sangat baik dari para pencinta kemajuan ccTLDs .id yang hanya
ditampung dalam archive tidak jelas kapan akan direalisir. Barangkali hal ini terjadi
karena kurangnya staf di IDNIC yang dapat menterjemahkan usulan-usulan dari forum
untuk menjadi kebijakan.

Sebagaimana saya mengamati dari jarak jauh, IDNIC juga tidak menyiapkan informasi yang
berguna bagi yang ingin mempelajari secara teknis Internet dalam bahasa Indonesia.
IDNIC hanya menyediakan link pada material dalam bahasa Inggris.

Saya berharap pembacaan dan pengamatan saya dari jarak jauh itu keliru tetapi jika
sekiranya tidak keliru dapatlah dipertimbangkan hal-hal berikut ini:

Pemerintah perlu mengambil peranan dalam pengembangan ccTLDs .id
I.  Mengambilalih pengelolaan ccTLDs .id ke tangannya dan selanjutnya memberikannya
kembali kepada IDNIC sudah barang tentu memberikan pembiayaan yang leluasa  untuk
pengembangan IDNIC. Dalam pengertian ini, IDNIC dikukuhkan sebagai suatu badan
otoritas domain name di Indonesia dengan tugas di samping menjaga konektivitas
Internet Global juga untuk mendidik rakyat Indonesia mengenai apa dan bagaimana
Internet bekerja, dan menciptakan iklim bisnis domain yang sehat serta membawa
kemanfaatan bagi sebanyak-banyaknya rakyat Indonesia.
II. Mengambilalih pengelolaan ccTLDs .id dan selanjutnya mengontrakkan pengelolaannya
kepada pihak swasta yang sanggup mengelola ccTLDs .id, melalui suatu penawaran yang
terbuka dan kompetitif kepada para pebisnis.  Kontrak sebaiknya diberikan hanya untuk
dua tahun saja yang dapat diperpanjang kembali jika memang pebisnis yang terpilih
mengelola ccTLDs .id dengan baik dan membawa kemanfaatan bagi sebanyak-banyaknya
rakyat Indonesia.

Usulan itu pastilah  tidak melanggar RFC 1591.

Horasma,

Paustinus Siburian
http://www.ipaust.com