From: Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Fri, 19 Sep 2003 05:00:48 +0700 (WIT)
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [Idnic] Help, saran pembayaran renewal domain di NetSol

Sepakat dengan saran rekan-rekan untuk pindahan dari NetSol.
Saya punya pengalaman *SERAM* dengan NetSol. Begini ...

Ceritanya domain saya (indocisc.com) akan expire tanggal 11 Sept 2003.
Nah, bulan lalu ... karena saya rajin, sebelum expire, saya mau
perpanjang selama 5 tahun. Orang2 menyarankan agar saya pindah ke
Registrar lain. Tapi ... saya tolak dengan alasan, NetSol ini kan
perusahaan yang sudah establish dan paling stabil.
Ternyata *SALAH BESAR*.

Nah, saya mau memperpanjang, lewat web, ternyata kartu kredit ditolak.
Kemudian saya minta bantuan kawan saya yang tinggal di Amerika untuk
membayarkan. Pembayaran berjalan mulus. (kelihatannya)
Ternyata, tanpa saya ketahui ... domain saya *HILANG*.
Setelah 1 minggu, email mental dan domain betul2 hilang.
Di Whois databasenya nggak ada, demikian pula di zone file.
Bahkan domain itu available!!! bisa diapply orang. Wah.

Saya panik. Saya telepon Netsol (dari Indonesia), di hold.
Saya telepon kawan saya yang di Amerika untuk membereskan.
Dia kemudian telepon. Dan benar, ternyata ada masalah teknis katanya.
Kemudian database whois sudah benar ada, tapi zone filenya masih
nggak ada. Dengan kata lain ... domain masih ngilang di Internet.

Sehari lewat. Kemudian kawan telepon lagi ke NetSol.
Ternyata masalah. Katanya ada fraud. Jadi domainnya bermasalah.
Kawan saya kaget. Dia coba pakai credit cardnya yang lain
(ini credit card Amerika karena dia warga negara Amerika),
ternyata nggak ada yang bisa. (Dugaan saya payment systemnya dia
bermasalah.) Akhirnya kawan saya menuntut domain dinyalakan
kembali karena toh masih belum due date.
Wah katanya dibutuhkan 3 working days! Gila betul.
Kesalahan di mereka kok kayak begitu.

Akhirnya kami putuskan untuk pindah ke registrar lain.
Netsol tidak minta maaf sedikit pun.
Akhirnya saya kirimkan surat keluhan ke ICANN dan IANA.

Satu hal yang pasti, saya tidak akan mau membuka bisnis dengan
Netsol karena dia tidak dapat menjamin prosesnya dan tidak
menghargai customernya.
Jadi kalau nanti IDNIC akan membuka registras, maka Netsol
masuk ke dalam blacklist.

demikian cerita saya ... jadi, saya sarankan pindah ke registrar lain.
Jangan sampai kejadian buruk ini menimpa anda.

-- budi