DH,

Tampaknya memang Netsol sudah merupakan MASALALU bagi komunitas internet
indonesia.

Yang saya alami adalah biaya perpanjangan menggunakan CC indonesia yang
sebelumnya telah berhasil dan kartu kredit saya telah dipotong, namun
itu tidak diakuinya juga.  Lalu dengan seenaknya pembayaran saya
tersebut dikembalikan lagi ke account CC saya (tentu dengan nilai rupiah
yang sudah jauh lebih kecil dan kerugian yang tidak sedikit karena
selisih nilai kurs, belum lagi biaya komunikasi Indonesia - Amerika
untuk Phone dan Fax data).  Saya di syarankan untuk mengulang renewal
lagi yang tidak pernah berhasil meskipun telah berusaha pinjam CC
seorang teman di Amerika.

Saya tidak bisa lagi / tidak sempat  transfer domain ini karena proses
komunikasi yang panjang, memakan waktu (+biaya) dan menjengkelkan/
menyebalkan dan masalah ini terjadi di tengah-tengah masa berlakunya
pembayaran saya yang akhirnya dikembalikan.  Bila di check di whois,
expired domain saya ini masih s/d 2004 tetapi status sudah tidak aktif.

Korespondensi  lebih banyak tidak nyambung karena reply email  kita
selalu dijawab oleh person yang berbeda (bahkan kadang-kadang hanya
dengan jawaban email standard yang telah dipersiapkan).  Begitupun
komunikasi via telepon, selain selalu di HOLD terlebih daulu, jawaban
lebih banyak tidak nyambungnya karena selalu dijawab oleh person /
operator yang berbeda.

Jadi menurut saya, apabila Mas Budi dengan IdNIC-nya memang sudah tidak
bisa melakukan komunikasi dengan pihak NetSol untuk melepaskan status
cekalnya terhadp CC Indonesia, mendingan balas di BlackList saja NetSol
ini (bisa dan berani??!! :=), presiden dan semua pejabat kita saja
selalu
nunut dan mengkeret terus koq dengan apa kata orang sono).
Dan saya syarankan kepada semua pemilik domain indonesia yang register
di NetSol segera saja memindahkan domainnya dari sana, minimal 2 bulan
sebelum expired (meskipun saya pernah berhasil transfer domain < 1 bulan
sebelum expired).

BTW:
Kalau boleh tahu apa kira-kira jawaban dari ICANN dan IANA terhadap
keluhan Mas Budi ini?.

Salam,
Fahrizal Razak.