Mas Budi....

Saya sependapat sekali dgn bung Joel, nggak perlu IDNIC ikut
men-justifikasi masalah Haki, Brand, dsb terutama dalam pendaftaran
domain web.id

Ide untuk mengurangi pelanggaran Haki dsb memang niat yg baik sekali
tapi untuk melakukan itu sangatlah tidak mudah dan  jangan sampai
menjadikan IDNIC lembaga pemeriksaan Brand/Merk dsb, sementara lembaga
untuk itu sudah ada. Saya malah tidak sependapat kalau IDNIC punya
database Brand/Merk. Untuk apa ? Kalau departement Kehakiman yg punya
itu saya sangat setuju.....

Menurut saya biarlah segala sesuatu berjalan sesuai dgn porsinya
masing-masing..... Dan IDNIC sebaiknya melindungi diri dgn aturan yg
tidak melibatkan IDNIC dalam masalah HAKI/Brand/Merk dsb

Contoh Kasus:
Ada yg meminta domain Indosat.web.id, apakah harus di kasih ?
Menurut saya selama blom ada yg punya ya boleh-boleh saja, walaupun kita
tahu indosat sudah menjadi merk dagang. Kenapa ?, karena IDNIC tidak
punya kewenangan untuk menentukan apakah terjadi pelanggaran HAKI atau
tidak, apalagi pelanggaran HAKI tersebut belum tentu terjadi karena bisa
jadi pembeli domain indosat.web.id tsb tidak melakukan pelanggaran
HAKI.....

Kalau PT Indosat sebagai pemilik merk dagang merasa terganggu dgn adanya
domain indosat.web.id, maka pihak Indosat bisa menempuh jalur hukum
untuk menuntut pemilik indosat.web.id (bukan IDNIC), dan apabila
pengadilan sudah mengeluarkan putusan berkekuatan hukum barulah IDNIC
menyerahkan domain tsb kepada yg berhak sesuai dgn keputusan tsb.

:> Kalau IDNIC juga memperhatikan masalah2 seperti ini, harus
:> konsisten....tidak hanya "Juventus" tapi merk dagang atau brand
:> lainnya pun harus mendapat porsi yg sama dgn kata lain IDNIC harus
:> punya database Brand/Merk = IDNIC ngurusin MERK/BRAND.
:
:Bukan IDNIC ngurusi brand, tapi memang IDNIC diminta agar
:tidak mempermudah pelanggaran HaKI.
:PS: Masalah ini saya sudah bolak balik diskusi dengan lawyer,
:dll. Bahkan hari Selasa lalu saya diskusi dengan Hakim Niaga.

Itu sudah IDNIC lakukan pada .co.id

Kalau tidak salah sebelum peluncuran suatu nama domain baru, para
pemilik .co.id diberi kesempatan pertama untuk melengkapi  domain
web.id, nah ini sudah menunjukan bahwa IDNIC punya niat untuk melindungi
HAKI. Tapi jika kesempatan ini tidak digunakan, ya jangan salahkan IDNIC
klo domainnya ada yg ngambil......

Menurut saya justru para pemilik merk daganglah yang harus lebih aktif
dalam mencegah cybersquating, typosquatting dsb dgn cara membeli
domain-domain yg bepotensi terjadinya hal tsb.

:> Soalnya itu sudah melenceng dari kewenangan IDNIC, kalaupun terjadi
:> penyalahgunaan HAKI maupun perebutan HAK atas nama brand/merk
:> tertentu, maka biarlah itu di selesaikan menurut jalur yg seharusnya
:> (HUKUM).
:
:Ini memang demikian. Yang kami lakukan adalah mengurangi
:probabilitas terjadinya penyalahgunaan.

Maksudnya baik untuk mengurangi, tapi malah menimbulkan masalah baru
INKONSISTENSI. Jadi sebaiknya biarlah pemilik brand yg aktif melindungi
brand-nya.....

IDNIC sebagai fasilitator saja....

Regards

Rully Kustandar

:> Saya rasa masalah HAKI jangan jadi pertimbangan IDNIC dalam
:memutuskan
:> penggunaan domain web.id (mungkin juga domain yg lain)
:
:Justru itu yang sering diminta oleh komunitas. Kalau tidak
:begitu, maka dengan mudah siapa saja dapat mendaftarkan
:indosat.web.id Padahal indosat kan sudah menjadi merek dagang.
:Ini yang terjadi dengan kasus2 cybersquating, typosquatting di
:LN. Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi.
:
[...]
:> Pertanyaannya....siapkah IDNIC ?
:
:Tidak.
:Saya sudah bolak balik minta kepada berbagai pihak agar daftar
:merek bisa dibuat online sehingga bisa diquery dengan mudah.
:
:> Mungkin saja ada yg bikin domain broer.web.id padahal "broer" sudah
:> juga terdaftar sebagai brand Cuma nggak seterkenal "Juventus",
:> nah...klo udah gini khan IDNIC berkesan tidak konsisten....
:
:Ya begitulah. Nasib :(
:Ada beberapa kasus yang sudah kami tolak mentah-mentah.
:Nah, saya mengangkat kasus ini kembali untuk mendapat masukan
:lagi siapa tahu ada ide-ide baru atau argumentasi2 baru yang
:bisa membuat pencerahan.
:
:-- budi
:Idnic mailing list