Seluruh .ID.
Namun karena saat ini hanya web.id saja yang tahunan maka:
1. web.id yang duluan menerapkan
2. domain-domain lain yang daftar tapi belum/tidak bayar
   (yang ini saya usul lebih spesifik, kalau tidak bayar dalam 3 bulan
   langsung didaur ulang. wong domain belum aktif kan?)

Sn:
Supaya lebih gampang ngaturnya, usulan lama mengenai bayar dulu baru
daftar sebaiknya diterapkan pak.
Jadi pembahasan bisa dipersempit menjadi masalah recycle doang.
Kalaupun mau diterapkan "boleh daftar bayar belakangan" ga perlu 3 bulan
.. Kelamaan.
Satu bulan cukup.
Ini penting untuk mengurangi jumlah pendaftar yang cuma iseng doank dan
untuk membuat para pendaftar serius jadi "ga lupa" buat buru2 bayar.
Orang kalo emang serius.. Rasanya ga harus tunggu 3 bulan baru bayar
kan?
Malah ada kecenderungan "lupa" kalo tenggang waktunya kelamaan gitu.
Makanya lebih baik diterapkan aturan "domain baru aktif kalo sudah
dibayar"

Lalu untuk yang recycle..
Abis taun pertama .. Pas abis waktunya.. Belum bayar.. Lalu di hold..
Berapa lama ? Kan gitu yah.
Sebenernya kalo urusannya hanya keepetan atau kelamaan.. Itu sih
relatif..
3 bulan bisa kelamaan.. Setaon bisa kecepetan.. Tergantung siapa yg
ngeliat dan dari sudut pandang mana.
Kalo menurut saya itu yang enak setaon... Baru di recycle.
Kan bayarnya setaun sekali.. Jadi ya hold aja setaun.. Simple.
Tapi harus ada aturan yang jelas.. Kalo orangnya bayar dalam kurun waktu
setaun itu.. Lalu masa re-aktifnya itu diitung per kapan ? Per dia bayar
ato per tanggal aktif yang terakhir?
Trus kapan mulai di hold? Langsung pas lewat tanggal jatuh tempo ato ada
tenggang waktu ?
Kan ga etis kalo maen hold aja mah.. Trus brp lama?
Yang enak dikasih tenggang waktu sebulan.. Baru hold setaon. Cocok dah..
:)

Btw, dulu saya punya masalah urusan recycle sama netsol
Karena mahal jadi saya mau pindahin ke registrar laen..
Trus karena blom bayar jadi di hold.. Ga bisa di transfer..
Ya udah tak tungguin.. Katanya setaun bakal di recycle..
Ee.. Udah lebih dua taun masih di hold terus...
Jadi ya udah terpaksa dibayar dulu $35 trus baru 'tak pindahin..
Yg ginian harus dipertimbangkan juga .. Kan mau ada registrar yah ?

Ok