> Biar tidak rugi, dan jelas pakai saja model ".com" :
> bayar - proses - selesai

Sebenarnya ini memang yang terbaik. Tapi masalahnya di dotcom itu gak
ada aturan macem2. Asal gak ada yg punya, bisa langsung sikat.
Sedangkan .co.id (misalnya) mesti verifikasi NPWP dsb. Kalau ditolak
trus gimana hayooo??? :)

> Kalo nggak mau bayar dulu baru aktif, kasih trial 15 hari, pak. jadi
> kalau udah lebih dari itu dihapus idnic nggak bisa disalahin.

Domain, apanya yg di-trial? Kalau hosting sih, trial biar atu cepet
gak, sering mati gak... kalau domain??? Sebenarnya biarin aja langsung
bayar. Dotcom dkk juga gitu toh semua juga mau :)

Sebenarnya untuk mengarah ke registrasi ala dotcom, masalahnya cuma
dua (techically, bukan masalah kekuranagan dana misalnya...)
1. Dotcom bisa realtime karena pakai credit card.
2. Dotcom bisa bayar langsung selesai karena gak ada aturan macem2.

Karena dua2nya 99% gak mungkin diubah sama idnic (paling tidak dalam
waktu dekat), jadi soal prosedur ya 99% sama, gak mungkin otomatis
full karena 2 masalah tadi.

Cuma, paling tidak registrant punya account sendiri2, bisa ubah2
e-mail, ganti NS, bisa dapat e-mail reminder, dll. Jadi paling tidak
kerja manualnya dapat dikurangi.

Hubungan dengan masa tenggang... kalau sudah punya account sendiri2...
main "kejam" aja. Biar idnic gak kebanyakan direcoki oleh mereka yg
manja dan (spt saya bilang pada email sebelumnya) gak kompeten megang
domain :)

Tapiiiiii... nanti dijebol hacker gak ya?????

Junaidi Kurniawan
081 2323 9758

Fiesto Informatika Indonesia
Jl. Baratajaya 59/A-8