sekedar oot saja...
kemarin ikut seminar ... investasi dan bersama membangun Jakarta Selatan oleh Kepala Bapeko Walikota Jakarta Selatan dan Prospektif Pemerintah yang pro business oleh guru besar souther california prof adisaputra...

menarik kata pak prof... tapi yang relevan dengan email dibawah ini seperti yang pernah saya baca di bisnis indonesia...mendirikan usaha investasi diIndonesia...minimal paling kecil adalah Rp 20 juta dan perlu waktu 6 bulan...kalau yang paling mahal diAustralia (dibandingkan dengan Malaysia, Singapura, Vietnam)... adalah Rp 5 juta dan waktunya 3 bulan. (kayanya data survey dari worldbank...kalau kaga salah :-) cmiiw

Tadinya saya kaga percaya...tapi kabarnya ngurus akte kalau ngak salah sekarang biayanya sekitar Rp 7 jutaan yah :-) dan kaga heran kalau akhirnya butuh Rp 20 juta...untuk dapat SIUP, TDP , Daftar Rekanan, Ijin HO dll...lengkap untuk mulai sebuah bisnis  cmiiw.

Pertanyaannya gimana negara ini bisa maju...kalau barrier to entrynya untuk UKM sedemikian sulitnya...dan pak prof benchmarking dengan berusaha diluar negeri karena menurut beliau kita bersaing bukan dalam linkup nasional tapi global eh...regional dulu deh... :-)
note: beliau ini pernah juga menjadi direktur dari beberapa bank pasar dikota kecil jawatengah... dan beliau memprakarsai kredit mikro bebas agunan...dan seperti saya juga bertanya...kalau bank bank besar BUMN ( mandiri, bri etc...)  CEOnya sering rebutan dapat award  dan bangga menyalurkan kredit UKM...tapi kenyataannya untuk mendapatkan kredit sebesar 50 juta saja kata pak prof. ,  butuh 40 lembar formulir yang harus diisi...alias kalau yang ngurus UKM akan mundur total :-)

Kasihan deh UKM dinegeri ini.. padahal disaat krisis pemerintah tergantung sama UKM untuk tetap dapat survive..maklum konglomeratnya sibuk ngurus aset di BPPN he..he.he... cmiiw.

thanks god its friday...sedikit oot , rr

[EMAIL PROTECTED] wrote:

Terimakasih Pan Kus...

Kusnandar <[EMAIL PROTECTED]>
Sent by: [EMAIL PROTECTED]