On Friday 08 October 2004 11:38, langitke7 wrote:
>   saya juga punya pengalaman yang sama dengan bapak, ditolak oleh
>   beberapa bank dengan alasan 'BISNIS TIDAK LAYAK'
>   apa karena jengkol konsumsi rakyat kecil sehingga nggak layak untuk
>   mendapat pinjaman ?

Bisa dicoba ke lembaga keuangan non bank, misalnya Lembaga Keuangan Mikro.
Biasanya lebih mudah. Bahkan, ada yang berbasis syariah, dan tidak membutuhkan
jaminan sama sekali. Juga, karena syariah, modelnya adalah bagi hasil, bukan
bunga. Ini cocok untuk usaha kecil.
Tentu saja sesuai namanya, plafond kredit-nya juga kecil :D

Namun, bisa saja bisnis Bapak tetap dinilai "tidak layak", heheheh....

--
Salam,

Adi Nugroho
PT iNterNUX - Internet Service Provider