Saya telah membaca mengenai perdebatan mengenai kata "bodoh".
Menurut saya bangsa indonesia bukan merupakan bangsa yang bodoh. ini
terbukti dengan beberapa olimpiade tingkat SMU Internasional yang
dimenangi oleh putra - putri terbaik bangsa ini. Juara kompetisi robot
tingkat Asia. Apa lagi yang kurang. apakah ini disebut suatu kebodohan??
Saya rasa tidak.
Mungkin cerita dibawah ini bisa menggugah hati kita mengenai
kebodohan .
bangsa ini juga mempunyai seorang 'engineering', mungkin dia memperoleh
ilmunya dari jaman belanda dulu, berhasil memisahkan minyak mentah menjadi
minyak - minyak yang bisa dipergunakan langsung seperti minyak tanah.
Orang ini bahkan tidak pernah mengecap pendidikan SMP. dan lebih hebatnya
dia hanya sekolah sampai kelas 3 SD. Sebagai info saja, cara pemisahan
minyak mentah ini menjadi fraksi - fraksi minyak yang dapat digunkan
langsung, merupakan salah satu teknologi yang sampai saat ini masih terus
dibicarakan dengan hangat. setiap tahunnya selalu ada saja paten paten
baru mengenai cara pemisahan ini. Namun, engineer ini mampu melakukannya
tanpa mengecap pendidikan. Dia bisa menyamai doktor mungkin profesor yang
kuliah di dunia eropa sana, yang katanya pendidikannya sangat jauh di atas
pendidikan negara Indonesia raya ini. Hebat bukan!!
Namun ada satu hal kekurangan enginer ini yang menurut saya merupakan
suatu hal sangat penting. Ketika seorang ahli mengatakan sesuatu yang
berguna untuk meningkatkan kinerja usahanya, dia berkata " JANGAN AH, NTAR
HASILNYA RUSAK".
Inilah kekurangan bangsa kita, kita bukannya bodoh tetapi tidak mau
mendengarkan hal hal baru, sudah puas dengan apa yang kita lakukan dan
tidak berusahan untuk meningkatkan kinetja kita. Berbeda dengan bangsa -
bangsa yang sudah maju, yang membuat mereka seperti itu (menurut saya nih)
adalah sikap yang kurang puas dan improvisasi disegala bidang. tidak ada
kata monoton. Lihat saja kondisi negara kita sekarang. dipenuhi oleh orang
- orang yang menganggap dirinya lah yang benar dan jika bertentangan
dengan keyakinannya, kalau perlu BUNUH!!

Ya... mungkin yang saya katakan tidak ada benarnya, tapi setidaknya kita
harus sadar bahwa kebodohan itu bukanlah sesuatu yang salah atau aib.
namun yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mendengarkan orang orang
disekitar kita dan menggunakan semua informasi  yang ada sehingga kita
bergerak terus kedepan demi Bangsa Indionseia yang Lebih Maju.

Salam,