Terus-terang saya nggak tahu istilah untuk subject di atas. Tetapi contohnya
sebagai berikut :
        Amir jatuh sakit di rumahnya. Tetapi, karena satu dan lain hal  tidak bisa
pergi tempat dokter.
Juga, karena satu dan lain hal, tidak bisa mendatangkan dokter.
        Sebagai gantinya, orangtua Amir menelepon dokter Hasan.
        Kemudian si dokter menyuruh orangtua Amir untuk melekatkan stetoskop pada
beberapa bagian tubuh
Amir yang ditentukan.
        Output dari stetoskop dihubungkan dengan sarana telekomunikasi. Telepon,
misalnya. Nanti si dokter
mendengar perubahan yang terjadi pada tubuh Amir melalui alat pendengar, seperti
earphone.
        Akhirnya si dokter menuliskan resep pada kertas untuk kemudian mengirimkannya
kepada orangtua Amir
melalui faksimil.
        Yang menjadi pertanyaan saya, apakah alat dan sistem pemeriksaan penyakit
seperti itu sudah ada?
        Kalau memang ada, sejauh mana efektivitas dan efisiensinya?
        Untuk penyakit tingkat keparahan bagaimana yang bisa dilakukan dengan itu?

Salam,

Nasrullah Idris

Kirim email ke