> Mau tanya ... #sambil ngacungin jari ke atas#
> "Apa sih bedanya antara nyewa rumah, nyewa flat sama nyewa
> apartemen?

amat:
menurut versi adelaide.
nyewa rumah, ya nyewa rumah. rumahnya punya batas sendiri [kadang
punya halaman sendiri], listrik bayar sendiri, air bayar sendiri.
kayak rumah di indo lah. rumah rata-rata di adel. punya 3 kamar
tidur. menurut pengamatan saya yang sangat terbatas
ini, saudara-saudara dari negeri jiran [lebih] suka menyewa rumah
lalu dipakai bersama-sama [daripada teman teman sekampung saya]. sewa
rumah di adel. bervariasi, mulai $175 per minggu [biasanya
unfurnished alias kosong].

flat, menurut pemahaman saya di adel., ya seperti rusun itu. [memang
ada beberapa flat yang kayak perumnas]. kebanyakan flat di adel.
terdiri dari 2 kt, km/wc/laundry [alias tempat cuci pakaian], ruang
tamu, [kadang-kadang sambung dengan]rm dan dapur. sewa flat
tergantung lokasi dan furnished/unfurnished. yang unfurnished dengan
2 kamar tidur, berkisar antara $85-$100 per minggu. meskipun
unfurnished, stove alias kompor selalu ada. kalau pas untung ada
kulkasnya. yang furnished punya kursi tamu, kulkas, tempat tidur
dengan kasurnya, tempat menyimpan pakaian, dan kalau lagi untung ada
mesin cucinya. sewa untuk yang furnished ini antara $110 sampai
$120 per minggu.

apartemen, lagi-lagi menurut versi saya yang jelas nggak kredibel,
kira-kira mirip hotel, letaknya di [tengah] kota, maintained [ada
tukang bebersihnya]; ibaratnya tinggal tidur, masak dan makan saja.
tentu saja pelayanan-pelayanan itu musti bayar. sewanya, saya nggak
tahu. pokoknya mahal.

kalo anda belajar di adel. lebih baik bawa keluarga, lalu sewa flat.
furnished atau unfurnished tergantung selera. kalo sewa yang
unfurnished pun selalu ada cara ngisinya. teman-teman yang tinggal di
adel [biasanya] helpful. so, mereka pasti memberi saran bagaimana
ngisi unfurnished flat. :-)

>Biasanya biaya listrik, gas
> dan telepon sudah termasuk belum sama biaya sewa?

o... ye jelas.... telepon, listrik dan/atau gas nggak termasuk biaya
sewa. neh guyih kayak miyi gaying. [kok enak/gurih, kayak kemiri
kering]. berapa besarnya, tergantung pemakaian. yang jelas [untuk
adel.] relatively murah.

dulu, entah sekarang, mahasiswa asing yang belajar di aussie boleh
kerja [kasual] sampai 20 jam per minggu asal, teorinya di atas
kertas, tidak mengganggu setudinya. biasanya, kalau anda kerja
kasual, anda dimintai tfn [tax file number] oleh majikan resmi
anda. kalau anda nggak punya tfn ini, upah anda dipotong untuk
pajak sebesar 48 persen [sebelum gst berlaku]. kalau anda bisa
menyebutkan tfn ini kepada majikan resmi anda, upah anda hanya
dipotong paling besar 38 persen (?) untuk pajak; tergantung
pendapatan anda per tahun. kalau anda dipajaki lebih tinggi daripada
seharusnya, pada akhir tahun fiskal [juni] anda bisa memasukkan
formulir pengembalian pajak [paling lambat akhir oktober]; tentu
saja dengan catatan anda punya tfn ini. jadi, kelebihan pajak yang
anda bayarkan akan dikembalikan kepada anda. sebagai gambaran kasar
besarnya pajak [pendapatan] yang harus anda bayar kalau anda kerja
[kasual] di aussie:

pendapatan per tahun: $0-5400 tidak bayar pajak [batas atas ini bisa
berubah-ubah, tergantung jumlah dependants alias mulut yang harus
disuapi oleh bread winner atawa si pencari nafkah utama].

$5401-20000 atau 27000 [saya lupa], kira-kira 20 %;
$27.000 - 40000: kira-kira 38%;
di atas $40 000 anda bayar 48%.

ini gambaran kasarnya saja. saya bisa menginfokan yang lebih akurat
kalau diperlukan. dan sistem pajak ini berlaku sebelum ada reformasi
pajak dengan dikenalkannya gst.

however, konon, kemudahan untuk kerja kasual ini
sekarang dibatasi/diubah/dicabut. info yang lebih akurat tentang hal
ini belum saya peroleh.

Kirim email ke