Gue sih kaga nimbrung soal debat masalah ausAID tuh utang LN atau emang pure
compliment dr pemerintah aussie....bagi gue ga substansial
banget, bahkan biarpun tu scholarship dr pemerintah Indo macem BPPT, en
departmen2 laen....

So elu2 bilang itu people's money en mhs/msi indonesia cuma buang2 devisa
skul jauh2 keluar balik ke Indo kaga kepake....tu ide2 orang sirik
doang.....emang kali di Indo sono numpuk anak2 s1/master/doktor dari luar
yang gawenya cuma di administrasi/birokrat yg samasekali
ga ada nyambungnya..tapi emang sikon working environment Indonesia kan
begitu selama 3 dekade terakhir....susah mo ngembangin karena kudu KKN dulu,
terikat ikatan dinas lah untuk 10 tahun or maybe more..sementara org2 tsb
diatas biasanya juga kalangan lower-middle class.
Setidaknya sekarang udah keluar angin segar reformasi....moga2 mereka2
ini ada kesempatan ngebuktiin hasil mereka selama di LN

Soal perumpamaan Win 3.1 yang ketinggalan jaman dengan Win 95
Koq rasanya terlalu gampang nyatut tu kesimpulan ye????
Ini sample terlalu kecil standardnya buat digeneralisasi kalo ilmu2 yang dr
luar tu kaga ada gunanya begitu balik ke Indo.
Diliat dr satu poin doang org juga tau kalo Win 3.1 tuh kuno dibanding Win
95, en begitu juga Win 95 kuno ketimbang Win 98... etc...etc...
Ini sama aja dengan nanya kapan waktunya yang tepat buat beli 1 set brand
new computer???....ya kalo situ ngikutin progressnya technology..nunggu2
pentium II 350...ah takut kuno...nunggu2 pentium III 500 ah takut
kuno....nunggu pentium IX juga ya ga bakalan beli deh sampai kiamat.

Lagian org yang belajar Win 3.1 tuh pasti fully aware kalo bakalan ada
O/Sys. yang lebih baruan lagi....ya ga?..wong more en less ampir mirip2
koq....lagian kalo ngomongin technology lebih gampangan orang yang udah
belajar technology yang kuno, soalnya biasanya lebih rumit
penjabarannya(contoh..belajar DOS tuh bikin mumet lho ketimbang
Win 98...akur deh)...namanya technology tuh makin user friendly, simple,
compaq, en kaga njlimet deh....bocah2 kindergarten aja gape ngidupin comp
ampe surfing2 net....masa sih tu doctor2/master2/s1-er2
kagok ama Win95....u've gotta be joking!

Jadi kalo mo protes tu mbok ya protes tu mahasiswa2 Indo yang bisanya cuma
party all-nite/ngobat/gambling/ancur2an aja kerjaannya en biasanya ini dr
anak2 org berduit. Ini aje elu kaga boleh maen protes,fulus juga fulusnya
mereka....tapi who knows deh kalo bokapnya korup pa gimane...ya gak?..he
he...Masih worthed lah tu anak2 scholarship meskipun balik kampung kaga ada
penyaluran hawa nafsu tapi ilmunya masih kepegang....entar juga pasti
kepake..he he

Kaga mo ikut campur...its none of my business

Saya tidak protes juga...

Oh please...being smart doesnt mean anything....but being wise of your
smartness thats the main point ...Kalo cuma jadi pinter gampang, rendam
dirimu di tumpukan2 buku dan kajilah buku2 itu....kalo neuron otak lu
ndukung pasti elo pinter, kalo emang elo niat dari awal pasti elo become
entusiast , en kalo akal elo muter buat ngaplikasiin tu tulisan2 di buku
pastinya elo emang creative...as simple as that.

Ah inikan pertanyaan kuno...