Misalkan menjelang lebaran sekarang ini saya mempunyai 100 gepok uang
Rp. 1.000 (1 gepok = 100 lembar). Semuanya baru. Ini saya peroleh setelah
menukarkan uang dengan jumlah Rp. 10 juta ke Bank Indonesia.
     Lalu beberapa orang membutuhkannya dengan jalan menukarkan. Mereka
sangat membutuhkan untuk dibagikan kepada anak kecil pada saatnya hari
lebaran.
     Saya mau saja mengabulkan permintaan mereka meskipun ditukar dengan
uang lecek sekalipun (yang penting masih laku). Asalkan dalam setiap gepok
..saya ambil satu lembar. Maksud saya ... sebagai ongkos penukaran uang ke
Bank Indonesia.
     Saya pikir, "Ya, daripada mereka capek-capek nukarin ke Bank Indonesia,
mendingan ke saya saja"
     Mereka pun mau.
     Apakah dari aspek ajaran Islam, kegiatan saya ini bisa dikatagorikan
riba?

Salam,

Nasrullah Idris

Kirim email ke