Iya, saya sudah coba kirim, tapi belum bisa masuk nih email saya tadi.....
  ----- Original Message -----
  From: AFR
  To: ham...@binderindo.co.id ; is-lam@milis.isnet.org
  Sent: Friday, January 30, 2009 8:48 AM
  Subject: Re: [is-lam] kenapa GOLPUT haram? --c|

  ada mas, tapi dlm pdf.
  isnet kayaknya gak mau terima deh
  attached file ...

  salam,
  Fahru

  From: hamami <ham...@binderindo.co.id>
  To: is-lam@milis.isnet.org
  Sent: Thursday, January 29, 2009 11:00:50 AM

  Nampaknya diskusi (kalau gak mau dikatakan polemik) kita terkait fatwa MUI
  makin seru, nih.

  Saya memang belum membaca detail fatwa yang jadi polemik ini, golput seperti
  apakah yang diharamkan itu? kalau hanya diartikan sebagai "tidak memilih"
  itu sangat2 irasional untuk dijustment menjadi haram.
  Atau dengan kata lain siapapun pilihannya "pokoknya" harus memilih, itupun
  sangat/lebih menyesatkan/merugikan lagi, bila dikaitkan dengan hukum
  haramnya.

  Karena sudah jelas dan pasti sasaran dari fatwa itu adalah umat Islam.
  Lha....kalau tanpa penekanan "kriteria" memilih seperti apa dan siapa (tanpa
  harus menyebut nama) yang harus dipilih agar tidak melanggar fatwa itu, ini
  bisa Sangat berbahaya.
  Mengingat kadar keislaman bangsa kita (meskipun mayoritas Islam) masih
  rendah. Bukan tidak mungkin pilihannya jatuh pada orang2 yang notabene
  berseberangan dengan Islam, kalau ini yang terjadi dimana tanggung jawab MUI
  yang sudah "memaksa" orang untuk memilih dengan mengharamkannya bila tidak
  memilih.

  Tapi lagi2 mohon bila ada yang memiliki salinan fatwa MUI lengkap dengan
  penjelasannya, bolehlah diposting agar kita bisa lebih jernih dalam
  menyikapinya.

  Wassalam
  Hamami