--- On Tue, 3/3/09, Alkhori M <m.alkh...@qatar.net.qa> wrote:

> 2.       Mengapa sewaktu mau mengatakan dirinya adalah
> TUHAN, bukan
> dikatakan: ANA ILA atau ANA ALLAH atau ANA RABB (ini baru
> konkret artinya
> SAYA ADALAH TUHAN, I AM GOD). Tapi yang digunakan adalah
> ANA AL-HAQ atau
> SAYA ADALAH KEBENARAN or I AM THE TRUTH, tapi yang bisa dan
> mungkin
> diprediksi saat itu adalah, bahwa sudah terjadi
> penyelewengan dari ajaran
> Islam, Iman dan Ikhsan, maka oleh Al-Hallaj dengan bahasa
> halus Sufi-nya,
> [...]

Suhu karena datanya nggak lengkap maka kemungkinan terjadi Post Hoc Fallacy
dalam analisis suhu besar sekali. Demikian pula dengan masalah subjectivity.

Oleh karena dengan menggunakan jurus Tasauf juga, mengapa kita tidak
berprasangka baik saja, bahwa para ulama yang telah memenggal SSJ itu telah
mempelajari masalah ini secara komprehensif dan tulus, sehingga keputusan itu
ya yang terbaik.

Bisa saja kan keputusan untuk memenggal SSJ itu didasari oleh rasa sayang: (1)
Agar mabuknya SSJ tidak makin parah saja, sehingga dia makin sesat (2) Agar
awam tidak dibingungkan oleh ingauan SSJ saat dia mabuk kepayang, kalau bingung
kan malah nggak pada kerja dan beramal.

Banyak kok kasus mabuk sufi yang aneh. Mabok, merasa sudah ada di surga di
kelilingi bidadari. Waktu sadar, ternyata ada di kandang babi, dengan tubuh
berpelepotan kotoran babi dan dikelilingi babi-babi.

Kasus bunuh membunuh tuh sering membingungkan kok suhu Alkhori, nabi Musa saja
bingung ketika nabi Khidir main bunuh saja untuk menyelesaikan masalah.

Nabi Muhammad juga ada memenggal gembong-gembong Yahudi yang kalah perang.
Wahh, nabi nggak menggunakan tasauf nih! Uh ... uh ...

Salam hangat
B. Samparan