Yg saya permasalahkan dari mereka berdua adalah kesalahan peng-analogi-an dua kasus yg sangat berbeda, tapi dipaksakan.

Perlakuan/respon umat islam ahlussunah waljamaah terhadap ahmadiyah, adalah dlm rangka menjaga aqidah dan pemahaman umat islam thd pengrusakan dan pengacauan dari dlm islam sendiri; karena ahmadiyah masih mengaku sebagai umat islam, BUKAN MEMBUAT AGAMA BARU.

Sedangkan kasus lainnya adalah, kembali ke 1400 thn yg lalu, reaksi kaum jahiliyah arab waktu itu saat Islam diperkenalkan oleh Muhammad saw sebagai 'agama baru'!

Juga reaksi umat kristen yg telah sesat dari ajaran nabi Isa as., pengikut paulus; terhadap datangnya 'agama baru' yg dibawa oleh Muhammad saw.

Saya yakin umat islam saat ini, bila dibawa kembali ke 1400 thn yg lalu; tidak akan bersikap defensif terhadap munculnya agama baru, seperti kita menyikapi polah tingkah ahmadiyah.

-abu ubassy-