On Sat, 2004-11-06 at 22:46, A m e n wrote:

> mungkin maksudnya, artikeln ini 'disponsori' oleh salah satu
> perusahaan penerbangan.

oh, I see.

Tapi menurut gue, biarpun uji resmi interferensi ini belum pernah
diputuskan hasilnya oleh FAA, khusus untuk safety, lebih baik kita "err
in the side of caution". Antara memilih "mencari bukti HP menyebabkan
interferensi" dan "mencari bukti HP TIDAK menyebabkan interferensi",
karena sama sama gak jelas datanya, saya pilih yang kedua aja.

Tapi khusus untuk HP di pompa bensin, di MythBuster, acara di Discovery
Channel, sudah dibuktikan kalo itu cuman myth. Dan memang ternyata yang
menyebabkan kebakaran di pompa bensin itu adalah loncatan ESD dari
tangan pengemudi.

Oh yah, di situ juga dibuktikan bahwa CDROM 52x bisa menyebabkan CD yang
tidak balance jadi pecah berkeping keping, tapi tidak cukup mematikan
manusia karena kebanyakan shrapnelnya terlindung dalam CDROM drive. Kalo
ini saya percaya, karena pernah kejadian saya masukin CD kuno, tiba tiba
ada suara ledakan dan ketika di eject, CD-nya udah pecah berkeping
keping.