On Tue, 1 Feb 2005 10:22:00 +0700, Abi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Jika di satu LAN ada satu server dengan client-clientnya,bisa tidak
> antivirusnya di install di salah satu client sebagai anti virus servernya?

Maksudnya server antivirus diinstall pada salah satu PC biasa yang
juga dipergunakan untuk kerja sehari-hari gitu ?. Jawabannya adalah:
bisa tapi tidak disarankan, kecuali memang terpaksa.

> Klo seandainya ada client yang menjadi gateway bagi LAN tersebut (hanya
> untuk koneksi internet tetapi ada mail servernya juga) adakah pengaruh atau
> setting yang harus dikerjakan,apabila gateway tersebut kita jadikan anti
> virus server?

Pengaruh yang utama tentu adalah beban komputer tersebut yang jadi
tinggi dan masalah security yang jadi kurang ideal.

> Mohon maaf klo pertanyaannya gampang tapi untuk memastikan karena saya belum
> pernah coba instal anti virus yang corporate..

Perlu dibedakan antara antivirus yang diinstal di gateway (firewall,
router, smtp/mailserver), di server (file server), antivirus yang
diinstall di desktop (client) dan yang terbaru adalah network (contoh:
Cisco NAC(Network Admission Control)).

---
Cisco NAC
The Development of the Self-Defending Network
Executive Overview
http://www.cisco.com/warp/public/cc/so/neso/sqso/csdni_wp.htm