At 12:27 +0700 2/1/05, Harnanto wrote:

>Lho, setahu saya kan kalau memang difungsikan sebagai mailserver kan
>untuk menerima email dari SMTP server lain yang umum dipakai sekarang
>memang Simple Mail Transfer Protocol alias SMTP itu.

nah, sudah jelas kan kenapa bandingin exchange dengan MTA itu seperti
bandingin oracle dengan mysql? exchange memang bukan sekedar MTA,
tapi juga groupware server. kelihatan sekali anda belum pernah
mencoba akses exchange dengan client utamanya, yaitu outlook, dan
memilih koneksi mode exchange di outlook-nya sendiri. dengan outlook
begitu anda kirim mail ke diri sendiri, dari tekan send sampai mail
anda muncul di mailbox itu gak ada setengah detik. begitu juga kalau
mengirim ke distribution list, kalau anda masuk dalam distribution
list itu efeknya sama seperti mengirim mail ke diri sendiri,
seketika. dan kalau dalam distribution list itu ada account yang
nggak ada, karena memang sudah keluar dari perusahaan, langsung
kelihatan juga bounce-nya. itu semua sesuai dengan parameter testing
anda kan?

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id