On Wed, 2005-07-20 at 13:02 +0700, Albert Siagian wrote:
> System apa yang butuh HDD sampai 40GB? :-)

Walau saya tahu maksud anda :D Tapi buat pencerahan member yang lain
(tapi gak ada hubungan dengan pertanyaan asli soal file sevrer yah) ada
juga kondisi dimana system disk bisa punya kapasitas sebesar itu.

1. Jika type mesinnya punya memory purging yang bisa diinitiate melalui
XIR reset, kita bisa melakukan coredump. Coredump ini berguna misalkan
systemnya hard hang (kalo di Windows BSOD). Sebelum reset, isi memory
akan di-dump ke system disk, sehingga kita akan menerima file seukuran
memory hardware pada saat itu, ditambah swap yang sedang digunakan. File
ini namanya coredump. Dari coredump, kalau support engineer punya
keahlian kernel hacking, bisa diadakan analisa forensik kondisi mesin
tepat sebelum hang, sehingga bisa dicari apa penyebab hang ini. Nah area
untuk coredump ini kudu dipersiapkan sebelumnya, bisa dengan cara
mendefinisikan dedicated disk/partition, atau memasang swap space yang
sangat besar.

2. Ada system yang bisa punya multiple installation dalam single system
disk, jadi bisa booting satu persatu bergantian.

3. Ada system yang punya hardware emulator, ataupun logical partitioning
capability. Nah otomatis mereka akan punya instances banyak dan masing
masing instance akan menempati hard disk bersama sama, jadinya gede juga

4. Ada beberapa system yang punya kemampuan melakukan Dynamic
Reconfiguration, dimana processor dan memory bisa dipasang dan dilepas
secara online. Nah ketika dilepas, otomatis proses dan data yang sedang
ada di CPU atau memory kudu ditaruh di suatu tempat lebih dulu. Biasanya
quiescent data ini ditaruh di swap yang sengaja dibuat extra besar.

> RAM juga ngga perlu 1GB kalau hanya untuk file sharing, bisa diukur via
> Performance atau Task Manager.

Kalo ini ada sedikit cerita, bahwa beberapa system bisa diset untuk
melakukan memory caching jika file yang di-share ada di removable media,
seperti CD/DVD.

Just my 2 cents.

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com