di tempat saya, dulu paling getol bikin server rakitan
sejalan dengan perkembangan, server rakitan mulei dikurangi
walaupun masih ada bbrp server rakitan yg masih berfungsi (malah ada yg
sejak tahun 2001 masih bertahan - tapi ini untuk server2 yg gak begitu
penting)
untuk yg penting2 pakai server bermerek yg bener2 server, dipilih yg
memliki fitur hotswap SCSI, RAID 5 dengan hotspare + tape backup

walaupun merakit sendiri bisa beli raid card + backplane yg bagus, tapi
kita gak tau apa card tsb, HD, dan bus mainboardnya bisa menghasilkan
kinerja yg optimal
krn dirancang dan dibuat oleh vendor/pabrik yg berbeda2

intinya, pemilihan server rakitan atau server bermerek sebaiknya
ditentukan dari seberapa pentingnya fungsi dari si server itu
kalo server mati seminggu gak jadi masalah, ya bisa pake rakitan
kalo mau buat mail server, kalo 10 menit saja mati dan gak punya
secondary MX, mungkin email2 bisnis gak bisa masuk
ada yg menganggap itu fatal, mungkin yg seperti ini perlu server yg
bagus dan bisa ON terus - sebaiknya perangkat yg bagus

kalo traffic-nya tinggi, bisa memakai lebih dari 1 server , diatur
dengan konsep load balancing, High-Availability atau apalah

Yudha Ginanjar wrote:

>AFAIK,
>Masalah komputer/server rakitan itu lebih ke masalah kompatibilitas :)
>jadi, selama komponen/hw yang di rakit itu kompatibel semua gak masalah
>siapapun yang merakitnya
>Saya pernah coba, orang yg sama merakit komponen hw yang berbeda kualitasnya
>ternyata hw yg kompatibel normal2 saja tuh, di banding dengan hw murah yg
>kadang aneh2
>
>misalnya motherboard untuk spek server berbeda dengan hw komputer biasa
>silahkan cek di masing2 website pembuat motherboard
> [...]

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com