"The_Eye_In_The_Sky" <[EMAIL PROTECTED]> wrote :

> walah, anda ini pakai single tier database toh? Jadi sebetulnya database
> anda ini adalah sebuah file yang diupdate rame rame melalui file akses
> method.
>
> Hati hati, solusi ini gak scalable, dan sangat mengandalkan file system
> interlocking yang prone ke masalah corruption kalau tuningnya keliru.
>
> Mending pindah ke system database yang two tier atau lebih, dimana ada
> database daemon yang punya akses exclusive ke database file, dan semua
> update melalui dia. Dengan cara ini locking control bisa dilakukan di
> level record, bukan file.

Sebenarnya yg lebih banyak itu FREE TABLE, jadi lebih mudah di-update
dan di-maintenance secara berkala. Klo di FoxPro ada 2, yaitu DATABASE
FILE (extension DBC), dan satu lagi FREE TABLE (DBF). Gak semua
FREE TABLE saya jadikan DATABASE. Fungsi RAID di server IBM blom
saya aktifkan, tapi sudah terpasang 2 hardisk SCSI yg sama persis, tinggal
saya aktifkan lewat BIOS. Trus, secara berkala pas jam 12 malem, dimana
semua user sudah pulang, saya bikin program backup menggunakan file .BAT,
dimana isi dr file tsb akan mengcopy seluruh data yg ada pada Win NT, serta
semua database yg ada di server Mandrake. Saya sediakan satu buah kompie
rakitan (satu ruangan dgn server) yg bertugas melaksanakan program BACKUP
data tsb. Untuk menyalakan kompie, saya set di BIOS agar kompie nyala pas
jam 12 malem & mengeksekusi file .BAT yg saya buat tsb yg tlah saya
masukkan ke dalam Scheduled Tasks Windows XP Pro. Pagi harinya, semua
proses backup sudah selesai, lalu saya copy ke DVD-RW disc. Jadi, klo ada
kasus database corrupt atau file yg gak sengaja dihapus user, tinggal
di-restore
saja dari DVD-RW tsb.

Salam,

Wiempy

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com