> 1. Security issues, hmm saya kok malah melupakan tentang ini ya...
lha
>    kalau udah wireless khan setiap komputer yg udah punya wlan bisa
>    masuk ke jaringan. Thanks sudah diingatkan oleh bung Jimmy...
>    rasanya masalah security ini harus dijadikan pertimbangan utama.

===== Bisa dicegat dengan MAC Filtering, memblock SSID Broadcast, atau
mengaktifkan WEP/WPA (kalo mau super aman, WPA2 adalah wajib).
Bukan solusi teraman, tetapi lebih baik daripada tidak sama sekali.

Alternatif hardware adalah melakukan lokalisasi jangkauan dengan
antena khusus... butuh riset dan trial-error sih... tapi setidaknya
lebih safe karena kita bisa melokalisasi wireless hanya dalam ruangan/
radius tertentu saja.

> 2. Kecepatan untuk wireless masih sangat rendah dibanding UTP.

===== Not really sih... kalo dibanding Gigabit sih iya hehehe...
Kalo Anda rencana deploy, saya sarankan pake device yang sudah
mengadopsi teknologi MIMO (Linksys, Belkin, NetGear, dan vendor besar
lain sudah deploy teknologi ini). Teknologi MIMO ini backward
compatible dengan 802.11g, tetapi bisa deliver speed dan jangkauan
yang luar biasa... saya sudah tes, dengan 802.11g biasa, speed sudah
ngos2-an (less than 1 Mbps) dalam suatu struktur 3 lapis ruang demo
yang saya buat... dengan MIMO, speed masih bisa sekitar 14 Mbps.
Testing dengan software Chariot...

Kalo emang butuh speed dan jangkauan yang bagus, cari peralatan
wireless yang sudah support MIMO dengan speed enhanced sampai 108 Mbps
(both AP and Client). Bersaing lah dengan 100 Mbps-nya wired... asal
range jangan jauh2 aza hehehe...

===== IIRC, khususnya yang banyak mengandung logam dan air...

===== Selalu ada biaya extra untuk sebuah kenyamanan :)

> Sementara selain hal2 diatas enaknya pakai wireless mungkin :
> 1. Setupnya gak bikin capek. Memang bener apa yg dibilang sama bung
>    Ferial setup LAN itu yg bikin capek banget emang narik2 kabelnya.

===== Tergantung nih... kalo capek2 fisik sih rasanya iya... kita
enggak perlu narik kabel... tapi kadang wireless itu capek di otak
alias kadang minta troubleshooting extra... jelas2 uda muncul station
AP, uda bisa asociate, tapi kadang lepas2 melulu hehehe... :)

> 2. Lebih rapi... gak ada kabel seliweran.

===== Karena enggak ada kabel, maka data Anda "terbang" kemana-mana
hehehe... ati2 diintip tetangga :)

> Nah untuk troubleshoot antara wired (UTP) dan wireless gimana
menurut
> pengalaman rekan2???

===== Umumnya sih lebih susah wireless.

Sincerely,