Terima kasih atas saran rekan2, akhirnya saya beli 1 switch d-link
lagi. saya pasang dari switch 1 ke switch 2 sekitar 50m, kemudian dari
switch 2 ke komputer 130m. bisa jalan lancar link speed/duplex mode:
100Mbps/full duplex. tapi maaf, masih ada yang belum saya tau. di box d-
link DES-1008D yg saya pakai itu ada tulisan "Auto 10/100Dual-Speed
Ports-Up to 200Mbps". maksudnya apa ya? di manual booknya gak ada
keterangan.

Terima kasih