Halo rekan2, mau tanya lagi nih.....maaf kalau sudah pernah ditanyakan
sebelumnya...

  beberapa hari ini IP address di tempat saya selalu masuk dalam blacklist
spamhaus.org
  lalu sudah saya remove dari spamhaus.org pula.....akibat dari itu saya tidak
bisa kirim email ke mana2......setelahbeberapa hari lancar dan bisa menggunakan
email secara normal ehh kadang suka masuk black list lagi....dan saya remove
lagi...kejadian ini tidak hanya terjadi 2 atau 3 kali...

  kenapa tidak bisa di remove permanent ya dari xbl/cbl ya ? gimana cara agar
IP NAT bisa delisted dari spamhaus?
  untuk virus,spyware,bot sudah saya pakai beberapa utility utk scan tapi tidak
ditemukan apa2 yang bisa menyebabkan IP saya ter block...
  gimana ya caranya agar IP saya ini tidak terblock lagi ?adakah utility yg
powerful ataukah adakah cara setting yg powerful agar tidak terulang lagi dan
bisa lancar kirim email....?

  Terima kasih...