"xneakers" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> ===== Cara ini sangat tidak direkomendasikan karena akan menurunkan
> kualitas CD duplikat menjadi sekualitas MP3 saja.
>
> Dan kualitas MP3 itu termasuk tidak bagus, walaupun dengan bitrate
> maximal (320 Kbps). Hal ini mungkin relatif, tetapi saya tidak
> menyarankan cara ini. Kalo sudah jadi MP3 ya dengerin aja MP3-nya.
> Ngapain jadikan ke CD lagi? Toh kualitas CD-nya juga sama kaya
> kualitas MP3-nya.
>
> Kalo mau bikin duplikat, konvert-nya ke WAV aja (boleh coba software
> Exact Audio Copy/EAC, my favorit dan IMHO ini merupakan ripper CD
> [...]

Wpy:
Bagaimana klo misalnya kita convert CD Audio ke dlm format Ogg Vorbis
atau format AAC Plus yg sekarang lagi nge-trend. Atau ke dlm format
MPEG-4 yg lebih bagus dlm hal kualitas suara dan ukuran file yg lebih
kecil dibandingkan dgn MP3. Mohon pencerahannya. Apakah format
WAV masih lebih unggul dlm hal kualitas jika kita ingin convert CD Audio,
lalu dgn format WAV tsb kita burn lagi menjadi format Audio.

Saya punya teman yg biasa beli CD Audio hasil burn dari format MP3.
Klo di Nero format file MP3 tinggal di drag, lalu kita pilih create CD
Audio,
maka otomatis Nero akan burn menjadi CD Audio. Saya dengerin lagu
MP3 yg sudah di-BURN mjd CD Audio tsb pake JetAudio Plus versi 6,
ternyata kualitas suara cukup bagus juga. Beda jauh kualitas suaranya jika
saya setel lagu tsb pakai WinAmp. Saya sich lebih suka play audio file pake
JetAudio Plus (jgn pakai JetAudio Basic) dibandingkan dgn pakai WinAmp
atau Win Media Player. Saya tahu klo lagu yg di-burn tsb dari file MP3,
karena
setelah saya bandingkan dgn lagu MP3 yg saya punya di rumah dgn judul yg
sama, ternyata di file ID tags tsb sama persis isinya. Saya rasa klo file
MP3
aslinya di-ripping dgn kualitas baik (dari CD Audio yg tdk banyak goresan
pada permukaan CD-nya) akan menghasilkan lagu MP3 yg cukup bagus.
Jadi, setelah di-convert ke CD Audio, kualitasnya gak banyak turun. CMIIW

Omong2 soal MP3, coba dech pake iPod, mantap abis suaranya. Saya copy
lagu dlm format MP3 ke iPod melalui iTunes, ternyata setelah saya denger
lagu tsb di iPod, kualitas suaranya jauh lebih jernih dan bagus dibanding
jika
saya dengar di kompie memakai JetAudio Plus. Jadi, sepertinya software
player yg ada di iPod mempunyai keunggulan sbg player no. 1 di dunia.
Apple sangat sukses dgn produk iPod, paling laris di seluruh dunia.
Saya rasa rahasianya terdapat pada software player MP3 yg terdapat di iPod
tsb. Saya dengerin lagu MP3 kaya seperti dengerin CD Audio keluaran dari
Sony Entertainment. Lumayan bagus dech untuk pecinta musik kaya saya ;-)

Salam,

Wiempy