> 1. Beberapa ISP menerapkan metoda khusus untuk VPN, dan tidak menutup
> kemungkinan konfigurasi itu tidak bisa digunakan untuk VPN-BCA. Ada
> pengalaman nasabah yang menggunakan koneksi via wireless (dengan ISP
> kurang
> 'terkenal') dan awalnya koneksi bermasalah. Hasil tracert diketahui
> problem
> ada di ISP dan setelah dikonfigurasi ulang, koneksi berjalan lancar sampai
> sekarang.

Metoda khusus seperti apa ya?
Tunnel VPN ini dibuatnya kan antara server dan client, dimana campur tangan
isp.
Kecuali ISP memfilter traffic atau mereka (ISP) yg membuat jalur VPNnya.

2. Setting PC client akan berbeda tergantung gateway yang digunakan. Untuk
> pengguna ADSL dengan setting "standar" koneksi internet berjalan lancar.
> Ketika digunakan untuk VPN pun tidak ada masalah. Masalah muncul saat VPN
> sudah terkoneksi tapi tidak bisa mengakses www.klikbca.com dengan pesan
> error "page cannot be displayed". Ada setting khusus pada client dan ADSL
> yang harus dirubah terlebih dahulu.

Ini maksudnya seting khusus pada "software vpn clientnya" atau di PC client?

Pada ADSL apanya yg dirubah?

3. Kasus lain yang unik dan berbeda, karena konfigurasi network tiap nasabah
> tidak ada yang sama. Untuk hal semacam ini, case by case akan dilakukan
> troubleshooting dan dicari problemsolvingnya.
>
> Kembali ke masalah RadNet, saya dapat informasi bahwa problem yang mirip
> pernah terjadi di kota lain dan sekarang mereka sedang mencari informasi
> detail kasus tersebut serta cara pemecahannya.
>
> Pembicaraan lewat jalur pribadi antara saya dengan TS sudah dilakukan, dan
> jika ada informasi yang perlu didistribusikan ke milis saya akan sampaikan
> disini.

Saya melihat byk yang khusus pada VPN BCA ini. Apa BCA menggunakan teknologi
VPN yang belum mature yang membutuhkan kekhususan disana-sini sehingga kita
nggak bisa berpegang ke RFC lagi.

Maaf saya jadi ikutan byk tanya karena saya melihat kasus ini agak ganjil.

Salam,
Yanurmal