> Sori ni jadi pengen nanya lagi...
> jadi kalo pake kartu fren bisa ganti2 antara time based dan volume based
> yah???

===== Time based-nya Fren bisa diakses dengan cara melakukan VPN ke ISP.
Volume based-nya Fren bisa diakses langsung, tanpa perlu VPN ke ISP.

> trus emang sistem seperti ini bisa dipake dengan menggunakan hp
> biasa, maksud saya ga usah pake modem PCMCIA yang lagi dipromosikan oleh
> fren sendiri???

===== Saya sendiri pake PCMCIA "tanpa nama" ya karena memang belum ada
namanya hehehe... bukan punyanya Fren... :)
Pake HP juga bisa, no problem... karena fungsi time/volume based tidak
dipengaruhi oleh modem CDMA itu sendiri..

> kalo kayak gitu emang enak fren yah, udah mah bisa dipake dimana2, bener
> ga??? ;->

===== Enggak juga sih... coba aja main ke luar Jawa... Fren-nya mokat juga.
.. :p

> Oya mas Jimmy di bayar brp ama fren...??? he...he...he... just kidding..

===== Dibayar ama kepuasan pake-nya selama ini hehehe... ntar juga kalo
servisnya jelek saya bilang jelek hehehe... ya kaya Esia yang lebih banyak
tulalitnya...

Anyway, setau saya hanya Mobile8/Fren yang menawarkan paket time based
berkecepatan tinggi (karena dia lewat jalur paket data/PDN, bukan lewat CSD
seperti CDMA time based lainnya)... operator CDMA lain umumnya menawarkan
PDN hanya untuk volume based... timebased-nya tetep lewat jalur CSD dimana
kecepatan maksimum hanya 9.6 Kbps. Contohnya Flexi, memang ada time based-
nya dengan dial ke telkomnet instant (080989999, bukan ke #777, jadi kenanya
Rp 165/menit sesuai tarif Telkomnet), tapi setau saya sih speednya CSD,
bukan PDN... ga tau kalo sekarang uda berubah hehehe...

> Trus mumpung sekalian nanya ama pengguna fren ni, kalo tarif telepon yang
> 1388 per jam itu kayak gimana peraturannya??? Khan mas Jimmy sekalian ni
> promosinya....  ;D

===== Saya bukan orang Fren, jadi kaga tau jelas.. setau saya sih itu tarif
telpon sesama Fren... terakhir yang saya dikasih tau itu tarif Fren
paskabayar Rp 1226/jam (menit pertama Rp 400, selanjutnya Rp 14/menit). Tapi
ingat, ini antar Fren saja...

Saya sendiri pake Fren hanya untuk data di rumah... kebetulan saya sudah
langganan CBN... jadi daripada saya dialup dari rumah+CBN (kena cost telpon
rumah+CBN), mending saya langsung pake M8+ISP... toh kena chargenya sama
aja (Rp 165/menit = kurang lebih sama lah kaya saya bayar telpon rumah+CBN).
.. tapi speed jelas lebih kenceng daripada dialup telpon rumah...

Sincerely,
Jimmy Auw.