Malik wrote:

> Pada perangkat saya selain TKIP juga sudah tersedia AES baik untuk WPA
> Pre Share Key maupun WPA Radius
> Dengan merubah WEP ke WPA saya tidak "merasakan" adanya kelambatan sama
> sekali
> Untuk menembus 1 lantai beton (lt 2 ke lt3), koneksinya masih maximum
> (54 Mbps) namun ketika sudah di lt 4 (2 lantai beton) paling cuma dapet
> 10 Mbps

Dari WEP pindah ke WPA seharusnya tidak ada perlambatan yg signifikan,
wong sama sama pakai enkripsi. Yg berbeda cuman WPA enkripsi key-nya
berganti, gak statik.
Yang terasa perlambatannya itu kalao dari gak pakai enkripsi, pindah ke
pakai enkripsi baik itu WEP maupun WPA.

> [...]
> secara default. Komputer yang menggunakan sistem operasi Windows dengan
> hardware kompatibel dengan standar WPA dapat mengimplementasikannya
> setelah menginstal WPA client. WPA client baru dapat bekerja pada sistem
> operasi Windows Server 2003 dan Windows XP. Bagi para pengguna sistem
> operasi lainnya belum ditemukan informasi mengenai kemungkinan
> mengimplementasikan WPA."
>
> Saya tidak pernah melakukan instalasi WPA Client, apakah hal ini berarti
> WPA yang diaharapkan tidak bekerja di laptop saya ?
> Oh ya AP yang saya gunakan Linksys WAP54G dan laptop menggunakan Centrino

Anda pakai WinXP bukan? SP2 sudah ada WPA supplicant-nya bukan? Apalagi
anda pakai Centrino, yg sudah jelas IPW chipsetnya pre-defined, pasti
sudah dimasukkan di dalam bundle ketika beli notebook preinstalled with
WinXP.