Malik wrote:

> Saat ini laptop tersebut bekerja dengan baik, tentunya support dengan
> WPA. Laptop yang bukan centrino (celeron) juga bekerja dengan baik
> terhadap Linksys yang saya punya.
> Maksud pertanyaan yang saya lontarkan tadi, apakah kinerja wifi tersebut
> tidak optimal jika tidak diinstall WPA client-nya ?

Fungsi WPA supplicant itu adalah melakukan negosiasi awal dan mengganti
key yang berubah ubah setiap waktu dalam metoda enkripsi WPA-PSK. Kalau
anda tidak punya WPA supplicant ya jelas tidak akan bisa handle WPA-PSK
sama sekali, ndha akan bisa konek sama sekali. Jadi bukan masalah ada
penurunan kinerja.

WPA Supplicant ini dibawa oleh Win XP SP1 ke atas. Kalau anda pakai
versi Window yg lebih tua, otomatis kudu mengandalkan WPA supplicant
dari vendor card Wi-Fi tersebut, atau bisa juga pakai 3rd party semacam
:http://www.funk.com/radius/wlan/ody_c_wpa_for_ms.asp