Albert Siagian wrote:

> Saya ngga jelas maksud kutipan diatas, tapi mestinya WPA itu tergantung
> support dari vendornya. Dulu saya pernah beli CardBus LinkSys yang ngga
> support WPA, belakangan LinkSys menyediakan driver yang memungkinkan WPA di
> beberapa versi Windows (bukan hanya XP dan 2003).

Kutipan itu saya ambil dari link yang diberikan oleh Pak Ryo, lengkapnya
ada disini
http://jim.geovedi.com/Publications/KoneksiNirkabelYangAman
<http://jim.geovedi.com/Publications/KoneksiNirkabelYangAman>

> Cek saja setting di TCP/IP Properties, apakah ada pilihan untuk WPA atau
> tidak. Cek juga update driver dari vendor notebook anda. Kalaupun tidak
> tersedia driver yang support WPA, ada 1 solusi lagi. Googling "Free WPA".
> Waktu itu saya dapat file di situs McAfee.com yang namanya "McAfee Wireless
> Security 4.1 McAfee Setup.exe". Software ini dapat implementasi WPA, untuk
> kartu WiFi yang belum support WPA, termasuk di Win2000. Saya belum coba
> [...]
Saat ini laptop tersebut bekerja dengan baik, tentunya support dengan
WPA. Laptop yang bukan centrino (celeron) juga bekerja dengan baik
terhadap Linksys yang saya punya.
Maksud pertanyaan yang saya lontarkan tadi, apakah kinerja wifi tersebut
tidak optimal jika tidak diinstall WPA client-nya ?

Btw, Pak Indra Gunawan sebagai penanya awal kok diam saja yaa... kemana
nich ????

Salam,
Malik Mt