Saya mau sharing juga ttg overclock prosesor. Di kntr saya dulu
ada komp Pentium I dan Pentium II dirakit oleh si penjual toko
dgn cara di-overclock. Lama kelamaan yg ada kinerja komp
tsb sangat lambat, overclock ini memang sangat cepat hanya
pada satu atau dua tahun pertama setelah prosesor tsb dioverclock,
klo sudah lebih dari itu biasanya kinerja mainboard sudah turun
dan komp dipastikan sangat lambat. Dan juga umur dari prosesor
sendiri dapat dipastikan lebih pendek dibandingkan dgn prosesor
yg tdk dioverclock. Padahal prosesor tsb di-overclock dari
Pentium I 200 Mhz ke 233 Mhz (cuma 33 Mhz aja), mainboard
pake merk Asus. Dan juga komp yg satu lagi dari Pentium II 300 Mhz
ke Pentium II 333 Mhz (cuma 33 Mhz aja). Itu cuma dioverclock
33 Mhz aja dgn dimaenin di FSB-nya si prosesor. Klo Pentium IV
2,4 Ghz dioverclock sampe 3,2 Ghz sich paling menurut saya cepatnya
cuma setaon atau dua taon aja, lewat dari itu komp tsb bakal lambat
jalannya. Yg harus diperhatikan pada saat overclock kesesuaian
antara FSB dan memory dan VGA Card. Tapi klo pake memory
seperti Corsair yg didesign khusus untuk overclock menurut saya
gak masalah sich memory tsb ikut ke-overclock. Juga ada VGA Card
yg didesign khusus untuk overclock. Klo prosesor dioverclock dan
VGA Card serta memory ikut teroverclock, asal memakai memory
Corsair dan VGA Card yg didesign khusus tahan dioverclock,
gak masalah sich menurut saya. Tapi harus di-benchmark dulu oleh
program 3D Mark 2005 atau dgn yg terbaru 3D Mark 2007 untuk
mengetahui system yg sudah di-overclock tsb stabil atau malah
menyebabkan hang.

Salam,
Wiempy