Pendapat Mas Bass benar banget ttg overclock.

Untuk dapat overclock system kompie, sebaiknya diperhatikan terlebih dahulu
arsitektur prosesor yg kita miliki. Idealnya sih gunakanlah prosesor sesuai dgn
kecepatan default pabrik. Gak semua prosesor bisa kita overclock ke kecepatan
yg lebih tinggi. Klo bisa di-overclock juga maka akan berpengaruh pada ketahanan
prosesor tsb & stabilitas sistem (akan sring hang jika prosesornya kepanasan
gara2 di-overclock). Klo mau berhasil, harus memperhatikan kombinasi
mainboard (hrs pakai maiboard yg di-design khusus untuk overclock), prosesor,
memory dan fan prosesor. Karena tdk semua jenis mainboard memiliki kemampuan
yg bagus dlm hal overclock. Karena prosesor dipaksa untuk bekerja diatas
kemampuan normal, maka panas yg dikeluarkan oleh prosesor tsb akan lebih
tinggi (lebih panas) sehingga dibutuhkan sistem pendingin (atau fan) yg lebih
bagus & lebih baik untuk mendinginkan prosesor tsb.

Kecepatan psosesor didapat dari hasil perkalian FSB dgn multiplier. Misalnya,
AMD Athlon XP 1700+ didapat dari FSB 100 Mhz dikalikan multiplier 17, jadi
didapat speed (100 X 17 = 1700 Mhz). Overclock dilakukan dgn cara memainkan
kombinasi dari FSB & multiplier atau bisa juga dilakukan secara manual dgn
cara merubah setting jumper yg terletak di mainboard. Overclock kadangkala
hanya dapat dilakukan dgn cara merubah FSB saja. Dgn merubah FSB menjadi
133, maka harusnya speed psosesor yg dapat bisa mencapai 2200 Mhz.
Hal tsb hanya sekedar contoh saja, pada prakteknya blom tentu berhasil, itu
tergantung dari prosesor & mainboard yg kita pakai.

Jadi, sebaiknya klo kita mau melakukan overclocking, coba baca2 manual
mainboard yg kita miliki terlebih dahulu, mainboard itu support overclock
atau tidak. Atau bisa juga menanyakan kepada temen kita yg memakai
mainboard yg sama persis typenya sama yg kita miliki dan kebetulan temen
tsb itu berhasil melakukan overclock dgn stabil tanpa bikin hang kompie.

Now, mainboard yg di-design untuk overclocker mania klo kita melakukan
overclock terhadap prosesor, maka clock speed VGA Card & memory
akan di-lock (dikunci), agar clock speed-nya tdk naik & bisa bikin kompie
kita hang. CMIIW

Salam,
Wiempy