On 8/9/06, Satrya Ok <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  1. saya akan mencoba membuat tugas akhir tentang pembuatan program analisis
> hasil belajar di bidang pendidikan dengan menggunakan VB atau FoxPro. tetapi
> dosen pembeimbing saya keberatan menjadi pembimbing kalau saya tidak
> mempunyai software resmi sehingga tidak terjegal permasalahan pelanggaran hak
> cipta/lisensi.
>
>    -->> Egois banget tuh dosen, bukannya mempercepat malah memperlambat...

itu kan baru cerita dari 1 sisi. namanya juga dosen, dia MENGAJAR,
masak ngajarin ngebajak software? udah bagus tuh dia mau menegakkan
soal hak cipta, eh dapet cap "egois", hehehe.

>  2. samapai saat ini saya belum mempunyai software yang berlisensi. apakah
> kira-kira jika saya menggunakan software trial hasil download dari internet
> masih terjegal pelanggaran hak cipta atau tidak?
>

>  --->> Tidak donks, selama masih trial dan belum habis masa trialnya mungkin
> tidak terjegal dengan pelanggaran hak cipta donk...

trial itu hanya untuk dicoba, dan bukan untuk penggunaan resmi. coba
cek dulu baik2 syarat dari trial itu.

>    3. Jika software trial hasil download tidak bisa digunakan untuk
> mengerjakan tugas akhir. kira-kira solusi apa yang bisa saya tempuh untuk
> mendapatkan izin penggunaan kedua software tersebut (Visual basic and FoxPro)
>
>  --->> coba beli yg bersi edukasi, kayaknya lebih murah deh...

inilah sisi buruk dari software locking. begitu sudah enak pakai
visual basic/foxpro, udah deh susah pakai alternatif yang gratis. tapi
katanya ada tuh VB versi express yang gratis.

sebenarnya kalau saya lihat (dan kalau saya jadi dosennya), akan saya
minta supaya bikin pakai pakai perl, atau pakai tcl/tk, atau python,
database bisa pakai mysql, postgres, atau kalau mau gaya ya pakai
oracle 10 express... buanyak alternatif lain yang bisa dibilang setara
kalau tidak bisa dibilang lebih powerful.

--
I solemnly swear that I'm up to no good, http://data.startrek.or.id
things left unsaid, http://ryosaeba.wordpress.com