----- Original Message ----
From: The_Eye_In_The_Sky <[EMAIL PROTECTED]>
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Sent: Thursday, 12 October 2006 7:31:14 PM
Subject: Re: [ITCENTER] Backup

G'Not wrote:

> Hello t'ers,
> Saya punya pertanyaan lagi yg mungkin ada yg pernah punya
> pengalaman,..ada yg pernah mencoba backup Server menggunakan maxtor one
> touch III yg sebenarnya fungsinya cuman backup HD external utk PC biasa
> bukan server. Apakah bisa di aplikasikan utk server & perfomance-nya
> bagaimana?, satu lagi software bawaan onetouch III itu DANZ Retrospect
> kalau menggunakan aplikasi backup yg lain bisa tidak? sekalian aplikasi
> backup yg bagus (ringan, support banyak media & kalo bs free :))utk server
> Thk's

1. Tentukan ukuran yg mau dibackup seberapa, apakah ukuran Maxtor tsb cukup?
##### Backup tdk terlalu banyak hanya satu server utk satu folder sharing saja
yg +/- 250 GB.
2. Tentukan backup windows anda berapa lama? Apakah selama backup
windows tersebut berlangsung, throughput data dari server ke Maxtor
tersebut mencukupi? Misalkan untuk dibackup database kudu down, dan
maximum boleh down cuman 1 jam. Apakah selama 1 jam tersebut semua data
dari server sudah bisa nyampe semua ke Maxtor
##### Sepertinya tdk perlu down karena dilakukan malam hari (saat tdk ada
aktifitas) & bukan database.
3. Tentukan seberapa sering anda mau backup, misalkan sehari sekali, dan
apakah data backup yg lama mau disimpan, misalkan anda mau punya backup 7 hari
ke belakang. Hitung jumlah Maxtor yg dibutuhkan
#### Mau-nya backup harian (incremental), weekly (normal/full) & overwrite.
4. Tentukan juga kalau ternyata ada kehancuran server, atau kehilangan
data. Apakah mudah untuk mengcopy balik data di Maxtor tersebut cukup
mudah, atau bahkan bisa dicopy balik ke server lain?
##### Ini yg saya agak ragu...tapi mungkin kalau hanya file2 data saja bisa
dilakukan.
5. Selama melakukan transfer data dari server ke MAxtor, berapa CPU
resource yg termakan? Kalau tinggi, bisa jadi server deadlock operasinya
##### Sepertinya belum sampai sejauh ini.
Nah kira kira begitu pertimbangannya. Karena anda sendiri yg punya DATA,
dan bukan saya, jadi anda sendiri yg bisa menjawab apakah Maxtor
tersebut cocok untuk anda atau tidak.
#### Sebenarnya saya ingin tahu siapa yg sudah pernah coba maxtor ini &
software bawaannya (retrospect), jg kalau digunakan aplikasi backup lainya.
buat saya sendiri, cocok untuk backup laptop saya. Tapi untuk backup ke
server saya, saya lebih suka pakai file system snapshot dan tape drive.
#### Boleh sharing sedikit mengenai file system snapshot...

Thk's