saya akan mencoba menjawab
  semoga berkenan
  1. untuk kriteria vga dan mobo yg di pake untuk bermain game
  tergantung dari mas sendiri,jika menginginka grafis yg super mantap dan
resolusi yg mantap pula saya saranin gunain dual VGA baik itu mensupport SLI
atau Crossfire
  kalo untuk harga yg jelas mahal banget.
  2.selin capasitor kita harus lihat 1.memory bawaana VGA semakin besar semakin
bagus

2.coreclock,memoryclock,interface,pipelinesnya dan
                                                   DIRECTX n OPEN GL nya
  3. untuk fitur terbaru ya seperti yg pak bakti jelasin
  4. tidak semua
  5. so pasti PCI-E

bAKT <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          yunaldi libra wrote:
> mohon bantuan nih.
>
> 1. apa sih kriteria motherboard yang bagus untuk di pakai memainkan
> game-game terbaru? ada recoment dan harganya kalau bisa.

Tentunya support vga terbaru dan support teknologi terbaru, tapi juga
tidak mutlak.
Sebisa mungkin dapet mobo yg "dingin". Tapi pada umumnya sama saja buat
penggunaan pekerjaan berat.
Kalo harga bisa mulai dari 700 sampe 3 jutaan..
> 2. apa yang menentukan kualitas dari sebuah kartu grafis?

Kualitas ditentukan oleh komponen, biasanya paling gampang dengan
mengenali capasitornya. Diproduksi oleh produsen capasitor yg baik. Dari
ciri fisiknya bisa diliat penggunaan "solid cap", biasanya berwarna perak.
Kalo dari performa tentu diliat dari kelasnya. Bisa diliat di masing2
websitenya..

shader model 3, hdr, direct x 10.. Coba diliat di http://www.nvidia.com
atau http://ati.amd.com
> 4. apakah sistem operasi linux bisa mendetec semua motherboard dan kartu
> grafis?

kurang tahu..
> 5. mana yang lebih bagus kartu grafis yang memiliki slot pci express atau
> AGP? kenapa?

Tentunya lebih baik yg pcie, terutama kelas highend yg mempunyai
bandwith di atas 2 ghz..