Henkie Basuki Djayapranata wrote:
> Setahu saya, malahan tidak ada power supply yang bisa menangani benar-benar
> tegangan masuk 90 volt sampai dengan 240 volt.  Tegangan di 150 sampai dengan
> 160 volt, sering membuat capacitor reservoir meledak.  Pihak perancang,
> menulis power supplynya bisa bekerja dari tegangan 90 volt sampai dengan 240
> volt, hanya sebagai informasi yang memudahkan dimengerti konsumen.
ada pak, semua power supply di server produk kantor saya, rated dari
90-264 VAC, 47-63 Hz, certified by UL, IEC, ICES, TUV, Telecordia and
bla bla bla :D

Masalah kondensator di depan yang tidak lebar tegangannya, diatur dengan
menggunakan kondensator jenis kering yg wide voltage band. Otomatis
capacitynya kecil. Tapi hal ini di atasi dengan penggunaan frequency
switching yg lebih tinggi. Keuntungannya jadi bebas dengung audio karena
frequencynya jauh di atas. Tapi kerugiannya memang transistor switching
kudu punya latency rendah (mahal) dan kualitas trafo kudu baik, lilitan
super rapih, dan canister kudu benar benar blocking EMI, pakai paladium
cover kalo perlu.