Saat itu, 14 May 2007 pukul 7:15:48 AM, Fendy Aritonang berkata:
> Saya dukung tuh, Tenaga IT itu emang mahal, dan seharusnya harus
> kita mulai untuk menstandartkan upah IT di indonesia

Kata siapa mahal?
Bila anda sudah spesialisasi dan berpengalaman bertahun-tahun
bolehlah anda menjual diri anda mahal.
Kalau anda baru lulus? tidak punya pengalaman? tidak ada referensi?
tidak punya kemampuan lain selain apa yg didapat dari kuliah?
relevankah bila anda minta gaji tinggi? bila menurut anda relevan,
maka bersiap-siaplah tempat anda diisi oleh pelamar lain yang bersedia
digaji rendah demi pengalaman dan skill yang didapat.

Mau dibandingkan dengan negara maju?
Di london sini saja, gaji IT umum tidak jauh-jauh dengan gaji orang
akuntan. Bahkan lebih tinggi gaji orang yang bekerja kasar (jadi
professional cleaner alias pembantu *grin*)
IT bergaji tinggi? ada juga kok.. tapi dengan minimum pengalaman 3
tahun di bidang Oracle, SAP atau dan lain-lain bidang khusus.
--
Dony Isnandi ([EMAIL PROTECTED])
http://isnandi.net/2007/05/03/tiga-puluh-satu-tahun/