A r y a S e t a wrote:
> Backup ini digunakan jika suatu saat komp user bermasalah, jadi nggak
> usah repot2 di recover (itupun klo bisa di recover :( )
>
> User sekitar : 50 orang
> Data sehari +- : 25 MB x 50 orang = +- 1250MB
Cuman 1.25 GB kan? Gak besar itu sih.

Saya kebetulan punya beberapa desktop dan server untuk test, serta
beberapa laptop running Linux, Solaris dan Windows. Saya pakai komputer
rada kuno, Duron 800MHz, dibekali 2 x 300GB hard disk. Diinstall OS
Linux Centos 4.4. Didalamnya ada aplikasi rsyncd dan Samba.
Setiap desktop/server/laptop Linux dan Solaris saya buat cron job untuk
rsync setiap nyala ke Centos server saya.
Setiap laptop Windows saya install SyncToy dari Microsoft untuk sync-up
dengan Centos server saya lewat Samba, dischedule pakai Task Scheduler.

Jika tujuan anda adalah backup, maka anda pilih option untuk mode
subscribe, jadi walau source dihapus, target tidak. Tapi jika ada update
di source untuk nama file yang sama, di target di update.

Mungkin sarankan user anda untuk meninggalkan komputer dalam kondisi
hidup, lalu jam 18:00 mulai Sync otomatis, dan 19:00 shutdown otomatis.