A r y a S e t a wrote:
> Hmm..., kebetulan user disini, semuanya menggunakan windows XP, dan satu
> user itu ada yg datanya sudah mencapai 20 GB an.
> berarti klo menggunakan teknik ini, tinggal pasang di masing2 windows
> nya SyncToy, kemudian set machine backup dengan samba + rsyncd ?

Kalo semua client itu Windows ya cukup samba aja. Rysync itu cuman untuk
kalo clientnya *nix.
> atau perlu di backup dulu manual (data yg 20an GB itu) ?

Dengan sync itu file dalam folder mana ya mau di-backup adalah otomatis.
Dan subsequent sync hanya delta (difference)-nya yang di transfer, jadi
gak setiap saat 20GB.

> Saya pinginnya, data yg di komp si user ini, tetep ada, dan jika
> terupdate, maka di machine backup ini juga terupdate.

Apa penjelasan saya kurang jelas?
> Makanya saya pingin seolah2 backup ini "tersamar" jadi si user ini tidak
> tau jika datanya di backup, tapi saya bisa punya backup data mereka
> uptodate.

Ya kalau begitu lakukan sync pada jam kerja. Paling cuman nanti ada
perlambatan komputer karena sibuk transfer data. Lakukan saja secara
staggered. Jam 9 pagi group A, jam 10 pagi group B dst. Atau kalo mau
sama sama, bisa dilakukan di jam makan siang.
Cara lain, anda sebagai admin lakukan setup buat user, kemudian minta
dia execute sync sendiri.
Nanti kalo ternyata dia tidak pernah sync dan datanya hilang, sewa team
cheerleader buat joget joget sambil teriak "kecian deh luuuuuuuuuu....."
> ini juga dikarenakan tidak adanya SOP di kantor ini.

Nah sudah bisa mengidentifikasi masalahnya sendiri. Kalo begitu yg
tinggal bikin SOP.
Sebetulnya dengan adanya Linux+Samba itu anda sudah bisa membuat sebuah
Windows PDC dan mengubah network dari Workgroup ke Domain. Hanya saja
karena cara anda bertanya cukup hanya untuk backup dan anda bilang tidak
ada SOP, maka saya tidak menyarankan bikin PDC. Karena jika sudah bikin
PDC dan bikin shared folder segala, tanggung jawab maintenance jatuh ke
anda. Lain kalo hanya ditawarkan sebagai media backup, anda bisa suka
suka soal availabilitynya.

Tapi omong-omong kalo tidak ada SOP, itu kan juga berarti tidak ada
kewajiban buat anda, atau tuntutan buat anda kalau ada orang kehilangan
data? Mungkin bisa jadi anda bikin SOP versi anda sendiri, kalo ada
orang kehilangan data maka sewa team cheerleader buat joget joget sambil
teriak "kecian deh luuuuuuuuuu....." =)