Begini logisnya,
tingkat gaji sebagai Engineer , mustinya menempatkan
seseorang di level menengah, bukan di level bawah (pekerja kasar).

Secara umum, tingkat gaji di Indonesia untuk praktisi IT memang cukup
kecil, sekali lagi "secara umum" / rata-rata.
Pengusaha akan berdalih bahwa kemampuan / skill praktisi IT kita memang
hanya cukup digaji kecil.
Artinya, Kesannya , dengan kemampuan yang minim, result / throughput
nya bagi perusahaan juga kecil ( perusahaan tidak terakselerasi
pertumbuhan ekonominya
dengan implementasi IT di tempatnya).

Praktisi IT juga ogah repot, karena digaji kecil ya tidak perlu banting tulang
atau dapat dikatakan tingkat "loyalitas"nya rendah. Kalau ada perusahaan lain
yang gajinya lebih tinggi dikit, ya kemungkinan besar akan melompat.
Para karyawan
akan merasa dianggap sebagai mesin produksi.

Ini akan berputar-putar seperti lingkaran setan.

Secara makro, penghargaan terhadap Intelektual Property
terhadap insan IT di Indonesia sangat rendah / dipandang hina, ini
secara umum loh,
bukan perorangan. Saya tidak meng-ignore kenyataan bahwa ada beberapa gelintir
orang yang punya prestasi International sangat bagus.

Menurut saya, karena menyangkut Sistem yang luas,
kita harus men-drive usaha - usaha penghargaan Intelektual terhadap insan IT,
sehingga tingkat gaji bisa tinggi, Kinerja/ performance juga bisa digenjot,
pada akhirnya perusahaan bisa mendapat manfaat yang significant.

--
Salam Revolusi IT Indonesia !!!!

Alpha Bagus Sunggono
http://bagusalfa(dot)blogspot(dot)com