Steph wrote:
> Dear Rekan IT,
>

> Mohon kembali dibantu.
>

> Bebereapa hari yang lalu saya coba aktifkan FTP di windows 2003 server.
> Diakses dari Lokal tidak ada masalah.

Coba dibaca ini dulu :
http://www.ncftp.com/ncftpd/doc/misc/ftp_and_firewalls.html

Anda bisa lihat, bahwa anda kudu :
1. Punya NAT router yang bisa intercept dan temporarily open ephemeral
port number. Sadly, saya lihat anda pakai hardware NAT router home
class, seperti SMC. Saya dulu pakai Smoothwall dan IPCop, cukup pinter
kalo tracking connection yg model seperti ini

2. FTP client diminta melakukan transfer dalam PASV mode.

Saran saya, kenapa gak pakai SCP saya? Enak, udah single port, ada
compression, ramah firewall pula. Kekurangannya adalah management
accountnya kudu *nix style, mungkin anda bisa Cygwin di Windows. Selain
itu karena ada encryption, makan processor power lumayan juga.