Rekans Linuxer..

Saya hendak tanyakan mengenai migrasi Windows ke Linux menggunakan
alternatif Open Source untuk kantor saya dengan kebutuhan sbb:

1. server bisa simpan profile workstation (seperti active directory
windows)
2. server bisa firewall, dns, band-width management, QoS
3. server bisa email server (local untuk domain name sendiri
company.co.id)
4. server ada anti-spam
5. server bisa anti-virus (update data virus centralized di server)
seperti
6. server ada service FTP untuk download file/program dari kantor
cabang.
7. workstation bisa emulator (atau Virtual Machine) untuk running
   program dibuat menggunakan Ms Access (windows)
8. workstation bisa emulator untuk running DOS program menggunakan
   Clipper/foxpro DOS
9. workstation mirip seperti Windows untuk alasan kemudahan oleh
pemakai.
10. workstation bisa ada MSN/yahoo messenger
11. kurang lebih untuk 100 user/PC
12. Internet saya dedicated 256 kbps (wireless - 8 ip public)
13. Backup internet Speedy Unlimited (PPPoE)

Saya punya spare 7 pc P4/1gb ram/80gb untuk dijadikan server.
Spec workstations: P3/512mb ram/40 gb.

Pertanyaan saya: Linux distro apa yang harus saya pakai untuk server dan
workstation, untuk pas menunjang kebutuhan diatas. Untuk server
bagaimana baiknya memisahkan fungsi2 server diatas dalam mesin yang
terpisah.
Kalau bisa semuanya yang opensource dan sudah stabil.

Sebelumnya terima kasih yaa
Salam,

[timotiez]