--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Wiempy" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Memang minimalnya cukup 3 saja. Klo 4 juga gapapa, bisa
> juga dijadikan RAID 5.

kalau begitu kalimat 3 atau 5 sebagai minimal hard disk bisa dikoreksi
bukan?

> RAID 5 itu sendiri menggabungkan teknik dari RAID 0 dan
> RAID 1.

Kok aneh yah statement anda. Gabungan RAID 0 dan RAID 1 itu kan ya
RAID 1+0 atau RAID 0+1.
Kalau RAID 5 dibilang gabungan RAID 0 dan RAID 1, sejak kapan XOR
parity computation ada di algoritma RAID 0 atau RAID 1?

RAID 5 sendiri mensyaratkan semua HDD di
> system menggunakan ukuran size yg sama.

Ah ndak tuh, coba ditanyakan kepada para pemilik Compaq Proliant yang
punya RAID hardware, bagaimana fleksibilitas yang dimiliki mereka.
Soal batasan size kudu sama atau tidak kan bergantung pada
implementasi. Ada juga kok yang bisa different size. Tentu saja dengan
konsukuensi masing masing.

 Semakin banyak
> memakai HDD dlm RAID 5 akan meningkatkan kinerja
> RAID 5.

Oh, jadi menurut anda RAID 5 dengan 4 hard disk akan kalah dengan RAID
5 20 hard disk (contoh saja), jadi penambahan  hard disk akan menambah
 performance? Baru tahu saya lho, dari mana anda dapat informasi ini?
Yg saya sering baca, kalau RAID 5 menggunakan hard disk masa ini,
biasanya law of diminishing return terjadi ketika lebih dari 8 hard
disk. KAlau gak salah Toms Hardware pernah menguji hal ini di bagian
storagenya. Itu juga kenapa di kebanyakan hardware RAID storage
seperti IBM, HDS, EMC biasanya RAID 5 group terbesarnya 8 hard disk.

 Biasanya sich memakai 5 drives dgn satu drives
> dijadikan cadangan. Klo mau meningkatkan kecepatan baca
> dan tulis, lebih bagus lagi pakai RAID 10. Akan tetapi utk
> implement RAID 5 saja sudah cukup mahal loch. CMIIW

Mahal itu relatif, dibandingkan dengan apa?