--- In ITCENTER@yahoogroups.com, Krishna <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> mau tanya mas,
> jadi kalo amd, CPU berhubungan langsung dengan RAM, jadi harusnya amd
> lebih cepat dari intel?

Lebih cepat itu dalam hal apa yah? Kudu dijelaskan karakteristik
workloadnya bagaimana. Kalau workloadnya melakukan banyak transfer ke
RAM, jelas akan diuntungkan dengan adanya direct path ini. Dan makin
diuntungkan kalau jumlah processornya banyak, karena masih masing
processor tidak rebutan bandwidth ke RAM, seperti pada kasus FSB.
Biasanya yang heavy transfer RAM ini adalah workload type database.
Tapi kalau workloadnya lebih ke I/O atau CPU, ya direct access ke RAM
bukan jaminan kecepatan.

> kalo digunakan untuk rendering 3d misalnya, apa berarti amd lebih
> unggul dari intel?

Saya kurang mengerti arsitektur OpenGL dan software 3D yang ada di
dunia PC. Waktu saya masih handle IRISGL dan Unix workstation untuk
visualization, IRISGL design adalah visualization data ada di RAM,
sedangkan di graphic card hanyalah digital to analog conversion dan
texture RAM. Jadi high memory bandwidth dan latency adalah hal yg
penting. Sayang saya gak bisa kasih confirm answer di sini.

Tapi mungkin gampangnya begini. Anda pakai Windows XP bukan? Di WinXP,
ada Performance reporter yg gratis bawaan. Tinggal ke Control Panel -
Administrative Tools - Performance.
Dari Microsoft Management Console untuk Performance ini anda bisa
defini pengukuran Memody Hindrances, yaitu Memory\Pages/sec dan
Memory\Page Reads/sec.
Kalau ketika melakukan rendering 3D value ini besar dibandingkan
dengan ketika melakukan office job yang lain, berarti anda butuh
arsitektur dengan processor yang punya direct access ke RAM seperti
AMD ini.