--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Landax Gtu Lhow" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> heheh sory nich kalo gw bikin thread baru .... biar semuanya pada
> baca ini ... sekedar sharing ajah ...
>
> hari ini Tgl 05-November-2007 gw udah pasang fast net, tadi siang
> sekitar jam 1 tekhnisinya dateng ... sesuai janjinya ..
>
> dan yang gw sesalkannya gw di tipu sama tekhnisinya ...

Dari apa yang saya lihat dan simpulkan, sebetulnya teknisi tersebut
tidak menipu anda.

Biasanya cable splitter 2 way punya output -3.5 dB dan -3.5 dB.
Artinya dari satu ingress pecah menjadi 2 egress dan masing masing
egress kehilangan kekuatan sinyal sebesar 3.5 dB.

Sedangkan 3-way splitter, biasanya punya output -3.5 dB, -7 dB dan -7
dB. Jadi satu ingress dibagi jadi 2 egress, dan salah satu egress
tersebut dibagi lagi jadi 2 egress. Jadilah tiga output tersebut.
Pada kondisi ini, cable modem seharunya ditancapkan pada yang -3.5 dB,
karena redaman sinyalnya paling rendah.

Cable modem sudah diuji dengan asumsi dipasang dengan prioritas agar
mendapatkan sinyal terbaik, maka dia ditempatkan di output yang
sinyalnya terkuat.
Kebetulan sekali di splitter milik anda yang beli sendiri, level
redaman tidak dicantumkan, sehingga seorang teknisi yang baik akan
meragukan kualitas splitter semacam itu dan dengan pemikiran yang
logis, akan memilih menggunakan barang yang teruji dan mempunyai
informasi karakteristik yg jelas, seperti yang dipakai oleh
Kabelvision, dimana ada tertera level redamannya. Buat apa sebagai
teknisi buang waktu untuk mencoba coba barang yg tidak pernah diuji
dan tidak disupport oleh Kabelvision?

Selain itu, sebetulnya anda sudah melakukan pelanggaran dengan
melakukan penambahan access node dan menggunakan komponen yang tidak
teruji dan tidak disupport oleh penyedia jasa Kabelvision. Bagaimana
kalau tindakan anda membuat jaringan di sekitar anda terbebani, bahkan
bisa saja anda menggunakan splitter bermutu rendah yang tiba tiba
terhubung singkat di dalamnya? Kalau anda baca klausul kontrak,
sebetulnya Kabelvision bisa memutuskan koneksi anda dan menuntut anda
secara hukum.

Kalau sekarang kebetulan ketika anda pakai splitter yg anda beli
sendiri dan tidak jelas spec-nya, anda tetap terkoneksi dengan baik,
itu bisa dikatakan anda beruntung, karena splitter tersebut tidak
pernah diuji dalam system yg dipakai oleh Kabelvision. Bisa jadi hari
ini jalan, besok ketika pengguna sudah banyak sehingga sinyal melemah,
atau ketika anda download banyak data, baru keluar masalah.

Dalam dunia enterprise business, ada perbedaan antara "what is
working" dan "what is supported". Ada kalanya barang yang tidak diuji
dan tidak didukung oleh test pendahuluan tetap bisa bekerja asalkan
diulik atau diakalin. Tapi mosok setiap titik kudu diulik atau
diakalin? Buang waktu deployment dong. Test pendahuluan dan worst case
 scenario modelling penting dalam architecting suatu solution, karena
dengan cara itu bisa didapatkan solusi yang diterapkan dimana saja
tanpa kudu ngulik atau ngakalin pada tiap titik.