Mau ngikuti best praktis juga contekannya bingung ya pak ngambil dari mana.
Bagaimana kalau bapak bikin sendiri saja pelan-pelan, ilmunya QA dan SOP itu
katanya cuma bersumber dari sini:

- tulis apa yang mau kamu kerjakan
- kerjakan apa yang sudah kamu tulis
- tulis apa yang sudah kamu kerjakan

dari setiap aspek, di coba dulu mulai nuliskan kira-kira apa yang akan
dikerjakan, dan bagaimana cara mengerjakannya. Baru diterapkan dengan
panduan rencana tadi, praktisnya pasti ada ketidak cocokan, butuh tuning dan
perbaikan, itulah yang ikut dirangkum dalam langkah terakhir berupa report
terhadap apa yang sudah dikerjakan.
lama-lama juga nanti bapak pasti punya pedoman yang lengkap, walaupun
membutuhkan waktu tidak sedikit. Entar nanti bisa kita contek dong pak.

Aksan Kurdin

On 12/12/07, johan0214 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   salam pak,
> perkenalan saja, sy angota br join di milis ini. Nama sy Johan.
>
> Langsung ke masalahnya yah, untuk prosedur itu aga rumit pak karena
> dari pengalaman saya terakhir bekerja di factory, musti di telusuri
> dulu mulai dari keadaan department IT nya pak. Apakah sudah ada
> pembagian job desc yang jelas, prosedur maintenance yang jelas,
> equipment yang memadai dengan menggunakan antivirus yang terupdate
> dengan teratur dan lain sebagainya.
>
> Saya sih bisa bantu tapi kalo di jelasin lewat milis gini takutnya
> [...]

Aksan Kurdin