  From: pbgabsi
  To: ITCENTER@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, January 26, 2008 8:59 AM
  Subject: [ITCENTER] Re: UPS tidak bekerja dengan baik

  Good idea. Tapi masalahnya rata2 client baru sadar kalo UPSnya
  bermasalah saat batrenya udah kadung ngedrop/mati.

  --- In ITCENTER@yahoogroups.com, "Henkie Basuki Djayapranata"
  <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

  > Secara teori dasar sih, kalau hanya mengganti batere, seharusnya
  tidak ada pengkalibrasian.

  > Mungkin khusus untuk APC, saat ganti batere, yang dengan sendirinya
  rangkaiannya pernah terputus dari sumber tegangan dan kemudian baru
  terhubung lagi saat batere baru di hubungkan kembali, membuat
  rangkaian ter reset dan harus di set ulang.
  > Tujuan utamanya sih biasanya bisnis, supaya setiap ada masalah,
  termasuk hal sederhana, yaitu penggantian batere, dilakukan oleh
  teknisi APC.

  > Nah kalau penyebabnya begitu, maka untuk rekan milis yang akan
  mencoba mengganti batere UPS APCnya sendiri, harus mengganti batere
  lama dengan batere baru, tanpa pernah melepas sumber tegangan ke
  rangkaian. Caranya, buat kabel-kabel dengan capitan-capitan buaya
  untuk menghubungkan terminal batere lama dengan batere baru, setelah
  terhubung, lepaskan batere lama dan tanpa pernah melepas hubungan ke
  rangkaian, pasangkan terminalnya ke batere baru. Setelah batere baru
  tuntas terpasang, baru kabel bercapitan buaya bisa di lepas.